Cara Upgrade Redmi 2 ke Android 6.0.1 Marshmallow tanpa PC

Cara Upgrade Redmi 2 – Ponsel Redmi 2 dengan MIUI 7.1 sudah cukup menggembirakan penulis dengan berbagai penamahan fitur dan tentunya kinerja serta banyak perbaikan pada bug yang lumayan mengganggu pada MIUI 7.0. Namun pada akhirnya godaan untuk menggunakan Android 6 di Redmi 2 cukup kuat. Meskipun ada keraguan adanya bug yang banyak dan kekhawatiran tidak jalannya fitur dasar Redmi 2 di Android 6.0.1 Marshmallow, namun ternyata setelah proses upgrade dilakukan dan sejak 24 jam pertama digunakan, Redmi 2 dengan Android 6 Marshmallow cukup stabil.

Proses upgrade Redmi 2 ke Android 6.0.1 Marshmallow dapat dilakukan tanpa menggunakan laptop atau PC. Cukup dengan mendownload semua file yang digunakan dan menempatkannya di microSD. Hal ini perlu dilakukan karena nantinya ponsel Redmi 2 akan benar-benar di wipe bersih termasuk internal storage, jadi lakukanlah backup terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade Redmi 2 ke Android 6 Marshmallow.

Sebelum melakukan upgrade ada beberapa file yang harus didownload terlebih dahulu, empat file harus didownload secara manual dan satu aplikasi bantuan bernama rashr yang sebaiknya di download melalui playstore. SIlakan download file-file tersebut dari link di bawah ini.

  1. Download file untuk melakukan rooted di Redmi 2
  2. Download Image Recovery TWRP untuk Redmi 2
  3. Download ROM Android 6 untuk Redmi 2 berbasis CyanogenMod
  4. Download Google Apps untuk Android 6 di Redmi 2

Keempat file hasil download secara default akan berada di folder Download di internal storage ponsel Redmi 2, karena kita akan melakukan clean install dengan melakukan wipe secara total termasuk internal storage ponsel, maka keempat file tersebut harus dipindahkan ke directory root di microSD atau silakan saja dimasukkan ke dalam satu folder tersendiri di microSD.

Upgrade Redmi 2 tanpa PC

Kini waktunya melakukan proses upgrade Redmi 2 ke Android 6.0.1 Marshmallow. Untuk kesempatan kali ini penulis lakukan di ponsel Redmi 2 versi standar dengan RAM 1GB.

  • Langkah 1 – Lakukan Root terlebih dahulu pada ponsel Redmi 2. Caranya dengan membuka aplikasi UPDATER yang ada di folder TOOLS, kemudian pilih symbol tiga titik di kanan atas untuk masuk ke menu tambahannya. Pilih “Choose Update Package”, arahkan ke file Root.Zip yang sudah disimpan di microSD. Secara otomatis ponsel akan melakukan reboot dan masuk ke Mi Recovery untuk melakukan flashing root.zip. Saat ponsel selesai booting, maka akan terdapat aplikasi SU (SuperUSer), tap aplikasi tersebut, saat meminta update pastikan memilih Mode NORMAL, aplikasi SU akan mendownload file yang dibutuhkan kemudian setelah selesai akan meminta untuk reboot untuk menyelesaikan proses rooting pada ponsel. Kini ponsel Redmi 2 sudah dalam posisi root. Jika tidak yakin, gunakan aplikasi root checker yang bisa didownload di playstore.
  • Langkah 2 – Instalasi Custom Recovery. Mi Recovery merupakan recovery standar dari Xiaomi di Redmi 2, Recovery ini hanya memiliki kemampuan terbatas dan tidak bisa digunakan untuk melakukan flashing custom ROM ke ponsel. Untuk itu diperlukan custom recovery yang dapat membantu kita melakukan tugas ini. Dalam kesempatan kali ini, penulis menggunakan custom Recovery TWRP di Redmi 2. Caranya dengan menginstall terlebih dahulu recovery TWRP ke ponsel menggunakan bantuan aplikasi bernama RASHR.
    Cara Upgrade Redmi 2
    Install Rashr langsung dari playstore, kemudian buka aplikasi tersebut, jika ada pop-up di layar untuk melakukan proses update aplikasi tersebut dikarenakan untuk beradaptasi dengan kernel dan file recovery, pilih saja update. Saat selesai, kini waktunya untuk melakukan instalasi TWRP recovery, namun sebelum hal itu terjadi aka nada pop-up untuk melakukan backup ROM yang digunakan sekarang, jika tidak perlu, pilih “I Know the Risk”.
    Kini pilih “Recovery from Storage”, arahkan ke file image TWRP yang ada di MicroSD. Silakan tunggu sesaat, saat selesai recovery akan menanyakan untuk melakukan reboot ke recovery, pilih pilihan ini untuk memerintahkan ponsel Redmi 2 untuk reboot dan masuk ke menu TWRP recovery. Di langkah ini, custom Recovery sudah terinstall dengan baik menggantikan Mi Recovery.
  • Langkah 3 – Install ROM CyanogenMod 13 Android 6 di Redmi 2. Setelah masuk ke menu TWRP recovery, swipe untuk masuk ke menu utama. Pilih “Wipe” lalu Advanced Wipe dan pilih beberapa opsi berikut untuk di wipe, yaitu: Dalvik/ART cache, System, Data, Internal Storage, dan Cache, lalu swipe untuk memulai proses wipe bersih. Kembali ke menu utama, pilih Install, pilih Storage untuk ke microSD, pilih file ROM lalu Gapps, kemudia Swipe untuk konfirmasi proses flash dimulai. Tunggu hingga selesai kemudian wipe sekali lagi Data,Cache dan Dalvik lalu reboot ponsel.
    Cara Upgrade Redmi 2
    Saat proses reboot selesai, ponsel Redmi 2 untuk kali pertama menggunakan Android 6.0.1 Marshmallow yang adapat kita verifikasi dari menu About Phone di folder Settings. Dikarenakan ponsel Redmi 2 mempunya fitur Dual SIM, silakan pilih SIM card yang akan dijadikan akses utama Data selain untuk Telpon dan SMS. Setting ponsel sesuai dengan kebutuhan termasuk melakukan install aplikasi yang dibutuhkan melalui playstore yang sudah tersedia. Mengingat Gapps yang diinstall adalah versi pico, maka untuk aplikasi Gogle lainnya silakan di download satu persatu dari playstore karena versi pico hanya ada Play Store dan Google Framework saja.

Akhir kata, cheer-up kehidupan Redmi 2 mu dengan Android 6 Marshmallow. Tak usah menunggu janji Xiaomi yang sampai saat ini Redmi 2 hanya berkutat di Android Kitkat. Semoga berguna untuk meng-upgrade Redmi 2 ke Android 6.0.1 Marshmallow.

Cara Upgrade Redmi 2 ke Android 6.0.1 Marshmallow tanpa PC |Henry |4.5 | dibaca 76,567 kali