Cara Unlock Bootloader pada Ponsel Xiaomi

Unlock Bootloader Xiaomi – Xiaomi sebagai pabrikan ponsel seri Redmi dan Mi telah merilis tool resmi untuk melakukan unlock bootloader. Dan untuk kali ini baru ponsel Redmi Note 3, Mi 4c dan Mi Note Pro yang dapat menggunakan tool resmi ini karena baru ketiga ponsel tersebutlah Xiaomi melakukan lock bootloader meskipun nantinya dirilis-rilis ponsel Xiaomi berikutnya akan menerapkan metode lock yang sama.

Lock bootloader merupakan metode yang digunakan oleh Xiaomi sebagai alasan untuk melindungi keamanan data pengguna ponsel mereka, namun hal ini memancing pro-kontra yang seru diberbagai forum ponsel android terlebih dengan sifat lisensi Android yang bersifat terbuka meskipun preseden atau referensi untuk melakukan lock bootloader ada juga di seri ponsel android Nexus atau dilakukan juga oleh Motorola untuk seri ponsel androidnya.

Namun dalam artikel ini penulis tidak membahas argumentasi pro-kontra lock bootloader yang akan digunakan oleh Xiaomi saat merilis ponsel generasi berikutnya. Di sini penulis hanya mencoba berbagi bagaimana cara melakukan unlock bootloader pada ponsel Xiaomi. Tentu saja resiko atas dilakukannya unlock bootloader akan ditanggung oleh tiap-tiap pemilik ponsel Xiaomi.
UNlock-Bootloader-Xiaomi
Sebelum melakukan unlock bootloader, ada beberapa catatan sebagai berikut;

– Proses unlock bootloader membutuhkan akun Mi dan tiap akun Mi hanya dapat melakukan proses unlock untuk tiap satu ponsel dalam waktu 30 hari.

– User dapat me-request untuk melakukan unlock melalui situs unlock.

– Proses unlock bootloader baru tersedia untuk versi China, untuk versi Global akan segera menyusul.

– Jika ponsel terenkripsi, proses unlock bootloader akan menghapus semua data pengguna. Jadi lakukan backup sebelumnya.

Prosedur Unlock Bootloader pada Ponsel Xiaomi

Langkah 1 – Download file ZIP yang berupa file recovery versi ROM Developer China dan sesuai dengan tipe ponsel yang kamu punya. Tempatkan di storage ponsel. Masuk ke aplikasi Updater yang ada di folder Tool di ponsel, mauk ke menu dengan memilih tanda tiga titik di sisi kanan atas, lalu pilih “Choose update package”. Lalu arahkan ke file ZIP yang telah di download sebelumnya. Aplikasi Updater akan menghapus semua data pengguna. Disinilah pentingnya melakukan backup sebelum melakukan proses unlock bootloader.
Langkah 2 – Download MiFlash Unlock Tool, lalu install di PC atau laptop
Langkah 2 – Login ke akun Mi yang telah mendapatkan akses untuk melakukan unlock.
Langkah 3 – Matikan ponsel, kemudian tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan untuk masuk ke mode bootloader.
Langkah 4 – Login ke tool unlocking yang ada di PC dengan akun Mi yang sama. Kemudian koneksikan ponsel dengan PC menggunakan kabel USB.
Langkah 5 – Tekan tombol “Unlock” untuk memulai proses unlock yang berkisar 10 detik.

Setelah proses unlock bootloader selesai, maka kini user akan dapat melakukan flash fastboot ROM atau custom ROM ke ponsel. Sedangkan untuk mengembalikan ponsel ke posisi lock bootloader, cukup dengan melakukan flashing ponsel dengan metode fastboot menggunakan file fastboot OEM lock. Hal ini sangat penting untuk menghindari gagal boot dikarenakan salah fastboot ROM.

Cara Unlock Bootloader pada Ponsel Xiaomi |Henry |4.5 | dibaca 86,352 kali