Cara Unbrick Andromax E2

Unbrick Andromax E2 – Smartfren secara berkala merilis ponsel ke pasaran dengan model co-branding, dimana pengerjaan manufaktur ponsel mereka dilakukan oleh pihak lain dengan Smartfren yang memberikan nama model ponsel. Demikian juga dengan Smarfren Andromax E2, ponsel yang dibandrol cukup murah di bawah harga 1jutaan dan asiknya telah mendukung konektivitas 4G LTE termasuk fitur VoLTE. Namun tidak ada gading yang tak retak, Andromax E2 juga mengalami masalah umum di ponsel pintar yaitu softbrick.

Andromax E2 dikatakan mengalami softbrick saat ponsel tersebut hanya bergetar saat dinyalakan yang artinya ponsel tidak mampu masuk ke system recovery atau juga fastboot bahkan sering dijumpai ponsel seperti mati total tetapi masih terdeteksi di PC atau laptop.

Untuk memperbaiki kondisi softbrick Andromax E2 hanya dapat dilakukan dengan cara flashing ulang dan juga berdoa. Untuk flashing ulang dibutuhkan beberapa tool tambahan serta firmware yang akan dijelaskan di bawah.

Prasyarat Flash Andromax E2

Sebelum melakukan proses install ulang atau flashing ke Andromax E2 perlu diperhatikan beberapa hal berikut di bawah ini termasuk mengunduh software atau tool penunjangnya.

  1. Install ulang atau Flash Andromax E2 dapat menggunakan tool Qualcomm Flash Image Loader atau sering disebut dengan QFIL, tool tersebut bisa didownload di link ini.
  2. Pastikan driver Qualcomm USB benar-benar terinstal dengan baik di PC atau laptop, karena jika driver belum terinstal dengan komplit maka proses Flash tidak bisa dilakukan karena ponsel Andromax E2 tidak dikenali oleh PC atau laptop. Silakan download Qualcomm USB driver di link download ini.
  3. Download Firmware Andromax E2 dari link berikut ini, firmware ini nantinya yang akan digunakan untuk melakukan flash ulang ke ponsel tersebut.

Setelah prasyarat tool software dan firmware telah terdownload di PC atau laptop, maka kini kita lanjutkan dengan cara flashing Andromax E2 dengan PC atau laptop.

Cara Unbrick Andromax E2 dengan QPST Flashing Tool

Langkah 1 – Install driver Qualcomm USB di PC atau laptop dengan meng-ekstrak terlebih dahulu file RAR ke folder yang diinginkan. Pastikan terinstall dengan sukses.
Langkah 2 – Install tool QPST Flashing di PC atau laptop
Langkah 3 – Kini ekstrak file ZIP firmware Andromax E2 yang telah didownload ke root direktori C ataupun D.
Langkah 4 – Lepas SDcard atau memory card yang ada di ponsel, masukkan ke card reader lalu hubungkan ke laptop atau PC. Kini copy-kan 4 file yang ada di subfolder “Switch EDL” ke SDcard/Memory card ponsel tersebut.
Langkah 5 – Pasang kembali SD card atau memory card ke ponsel Andromax E2, jika tiba-tiba ponsel mati maka efek dari ke 4 file yang tadi di copy-kan ke SD card sudah mulai bekerja, dimana ke empat file tersebut memaksa ponsel Andromax E2 masuk ke kondisi EDM atau Emergency Download Mode.
Langkah 6 – Hubungkan ponsel Andromax E2 ke laptop atau PC menggunakan kabel USB dan pastikan di Device Manager, ponsel Andromax E2 terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB QDloader 9008. Jika hal ini tidak terlihat di Device Manager, cek kembali proses instalasi Qualcomm USB driver dan jika perlu lakukan instalasi ulang dengan memastikan registry hasil instalasi sebelumnya telah bersih dari PC atau laptop.
Langkah 7 – Kini buka QFIL tool yang ada di software QPST, Klik tombol Browse lalu arahkan ke folder firmware Andromax E2 yang sebelumnya telah didownload. File prog_emmc_firehose_8909_ddr.mbn akan muncul lalu klik Open.
Unbrick Andromax E2 dengan QPST QFIL
Langkah 8 – Kini klik tombol “Load XML” lalu pilih rawprogram_unsparse.xml kemudian pilih Patch0.xml.
Cara Unbrick Andromax E2 dengan QPST Tool
Langkah 9 – Pastikan kembali pemilihan firmware yang akan digunakan dalam flash ulang Andromax E2, jika dirasa yakin dan benar, klik tombol “Download”.
Kini proses flashing dimulai, proses ini memakan waktu sekitar 5-10 menit tergantung dengan kecepatan laptop/PC yang digunakan. Pastikan kabel USB tidak diganggu dan yang paking penting jangan sampai ada kejadian mati listrik terutama bagi pengguna PC.

Langkah 10 – Setelah proses flashing selesai, maka kini dilanjutkan dengan melepas kabel USB dari ponsel, lalu lepas kembali SD Card atau memory card dari ponsel untuk menghapus ke-empat file yang tadi di-copy-kan ke SD Card untuk mencegah ponsel masuk kembali ke kondisi EDM atau Emergency Download Mode.

Kini nyalakan kembali ponsel Andromax E2, ponsel akan melakukan proses booting pertama kali dan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari biasanya. Tunggu hingga benar-benar proses booting selesai sampai akhirnya ponsel diminta untuk disetting ulang mengikuti wizard atau petunjuk yang ada di layar ponsel.

Cara Unbrick Andromax E2 |Edwin Geral |4.5 |