Cara Menggunakan Fitur Pengenalan Wajah untuk Men-unlock Smartphone Android

Cara Setting Face ID di Android – Apple telah merilis ponsel pintar terbaru mereka yang dinamakan dengan nama iPhone X beberapa hari yang lalu dan para fans boy pun masih belum selesai membicarakannya. Hal ini tentu sangat berlebihan karena pada dasarnya iPhone X secara fitur mirip dengan generasi iPhone sebelumnya dan Apple pun selaku pemilik iPhone X belum secara serius mengenalkan beragam fitur baru atau inovasi baru di dalam ponsel pintar tersebut, hanya satu fitur yang menjadi sorotan di iPhone X yaitu face ID.

Ternyata, sekarang Anda bisa membuka kunci ponsel Anda dengan hal yang sederhana. Namun meskipun dibilang sederhana, ternyata fitur ini menggunakan banyak teknologi sensor terbaru seperti lensa infrared dan scaning 3 dimensi untuk memastikan fitur Face ID mampu secara sempurna dan tentunya aman bekerja tanpa ada kendala papun. Fitur Face ID juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran dengan iPhone X yang anda punya.

Meskipun demikian, para fans boy Apple banyak yang tidak terkesan dengan iPhone generasi terbaru ini dan sebagian besar dari mereka bahkan mengkritik keras karena fitur yang hadir di iPhone X ternyata sudah ada dan menjadi hal yang biasa di smartphone Android seperti wireless charging atau mengisi daya baterai secara wireless, display layar yang hamper tanpa bezel, Augmented Reality atau AR dan bahkan fitur andalan dan menjadi hype yaitu Face ID. Dengan sedemikian banyak fitur yang dikatakan baru dan berhubungan dengan hardware yang tersedia di iPhone X, fitur Face ID hanyalah fitur yang berkerja dengan bantuan software dan tak ada bantuan hardware tambahan selain tentunya kamera iPhone itu sendiri.

Namun, karena kebanyakan ponsel Android yang ada di pasaran tidak hadir dengan hardware yang canggih dan algoritma kompleks yang dibangun seperti iPhone X, Anda tidak dapat berharap terlalu banyak hal tersebut akan bekerja selancar dan seaman yang ditawarkan oleh Face ID. Faktanya, smartphone Anda bahkan bisa di-unlock dengan menggunakan gambar photo Anda. Semoga saja hal ini menjadi pemicu para developer android untuk bekerja lebih giat lagi untuk meningkatkan kemampuan “Face ID” di smartphone android agar bisa lebih lancar dan aman lagi.

Sampai hal tersebut terjadi, tentu akan sangat baik bagi anda untuk tidak membelanjakan uang yang ada hanya untuk mengejar pengelaman menggunakan fitur pengenalan wajah. Anda dapat melakukan hal ini dengan menggunakan smartphone android yang sudah menggunakan Android 6.0 Marshmallow atau yang lebih tinggi versinya dan bahkan Anda tidak perlu meng-install aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan fitur pengenalan wajah yang tentunya sangat berguna agar isu privacy Anda tetap terjaga dengan baik.

Bagaimana Cara Setting Face ID di Android

Fitur pengenalan wajah yang kembali hype akibat kehadiran Face ID di iPhone X telah membangkitkan kembali para fans boy android untuk mencoba lagi fitur yang ada ini di ponsel android mereka. Fitur ini hanya tersedia secara out of the box dimulai dari versi Android 6.0 Marshmallow, dan di bawah ini adalah bagaimana cara menggunakannya.

Langkah 1. Buka aplikasi Setting di smartphone anda, lalu masuk ke menu Security untuk memilih opsi Smart Lock.

Jika Anda masih menggunakan opsi password atau pattern untuk mengunci smartphone, ponsel akan meminta untuk memasukkan pattern atau kata kunci sebagai tanda konfirmasi sebelum masuk untuk mengakses opsi smart lock.

Cara Setting Face ID di Android

Smart Lock pada dasarnya adalah alternative yang simple untuk meng-unlock smartphone Anda menggunakan komponen hardware dan sensor yang tersedia di ponsel tanpa memasukkan kata kunci atau pattern disetiap waktu.

Fitur ini telah tersedia sejak kehadiran Android 6.0 Marshmallow, hanya saja sejak banyak smartphone Android menggunakan sensor sidik jari maka banyak pengguna smartphone android yang tidak memperhatikannya.

Tentu saja fitur pengenalan wajah ini sangat berguna di situasi seperti, ketika tangan Anda basah atau saat menggunakan kaos tangan atau saat lagi sibuk mengerjakan sesuatu. Meskipun hal ini tidak seaman menggunakan sensor sidik jari, fitur pengenalan wajah menjadi alternative yang bagus dan cepat untuk digunakan.

Langkah 2. Kini tap di opsi “Trusted Face” dan Anda akan diminta untuk mengikuti petunjuk yang ada untuk melanjutkan proses ini. Langkah ini mirip dengan langkah fitur keamanan menggunakan sidik jari, hanya saja bedanya adalah kali ini yang di-scan adalah wajah.

Langkah 3. Kini klik Setup dan pastikan kondisi sekeliling Anda tampak cerah dan terang kemudian tahan posisi smartphone hingga dekat ke wajah, kemudian klik Next.

Cara Setting Facial unlock di Android

Langkah 4. Tanda lingkaran kini akan muncul di layar smartphone layaknya Anda akan ber-selfie. Pastikan untuk menempatkan posisi keseluruhan wajah di dalam lingkaran tersebut guna memudahkan smartphone mengenali wajah Anda.

Cara Setting Facial Recognition di Android

Jangan goyangkan kepala atau menggerakkan smartphone karena hal ini akan memperlama proses setup dan juga bisa menyebabkan hasil yang kurang akurat.

Langkah 5. Setelah proses scanning komplit, kini klik tombol Done dan fitur smartlock akan aktif seketika.

Cara Setting Fitur Pengenalan Wajah di Android

Langkah 6. Anda dapat mencoba untuk mengetest-nya, caranya adalah dengan menekan tombol power dan menggerakkan smartphone ke arah wajah Anda. Fitur ini akan bekerja terlepas dari fakta apakah Anda memegang smartphone atau hanya meletakkannya di atas meja.

Cara Setting Wajah untuk Unlock Android

Satu-satunya kekurangan dengan fitur pengenalan wajah ini adalah bahwa ia tidak akan bekerja secara akurat dalam kondisi ruangan yang kurang cahaya atau terkadang bisa dibodohi dengan menggunakan gambar Anda.

Jadi untuk lebih amannya, lakukan proses set-up dengan opsi Trusted Face sekali lagi dan lakukan scanning wajah Anda dari berbagai sudut atau pencahayaan yang lebih baik untuk meningkatkan rasio kecocokan wajah.

Peningkatan kecocokan wajah juga bisa Anda lakukan kapanpun, misalnya setelah kamu menyukur kumis atau jenggot atau di situasi saat Anda menggunakan kacamata atau tidak.

Setelah semuanya yakin telah sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda kini dapat memulai menggunakan fitur pengenalan wajah untuk meng-unlock smartphone android Anda. Hanya dengan menggeser layar smartphone yang terkunci ke kanan atau kiri dan perangkat android pun kini akan ter-unlock tanpa membutuhkan password atau pattern.

Tentu saja Anda akan melihat ikon baru di bagian bawah layar smartphone yang akan muncul saat Anda menekan tombol power. Ikon tersebut merupakan ikon pengenalan wajah yang jika menyala artinya berubah menjadi ikon unlock, yang artinya Anda telah sukses meng-unlock smartphone Anda menggunakan wajah.

Fitur Face ID di iPhone X sejatinya fitur keamanan yang sudah ada di smartphone Android, hanya saja disinilah pintarnya Apple, dengan optimalisasi software dan hardware menjadikan fitur Face ID lebih akurat dan aman yang dibuktikan dengan digunakannya Face ID sebagai alat pembayaran. Semoga saja apa yang dilakukan Apple membuat developer Android semakin giat untuk mengoptimalkan fitur yang sudah ada ini ke tahap yang lebih baik lagi.

Cara Menggunakan Fitur Pengenalan Wajah untuk Men-unlock Smartphone Android |Wildan |4.5 | dibaca 269 kali