Cara Root dan Install Custom Recovery di Redmi 2

PerintahDasar.Com – Kini penulis coba menuliskan cara root kemudian install custom recovery di Redmi 2. Proses root ini penting jika ingin meng-install aplikasi android yang root-enabled seperti xmod untuk menambah seru bermain game Clash of Clans atau Candy Crush Saga Soda. Juga jika ingin menggunakan Titanium Backup tentunya, akses root adalah wajib.

Hanya saja untuk akses ROOT memiliki efek samping yang lain yaitu tidak bias mendapatkan update ROM secara OTA, meskipun ada laporan walau Redmi sudah root tetap mendapatkan OTA update. Tetapi yang pasti jika ponsel android sudah ter-root, maka siap-siap saja utk melakukan update ROM secara manual. Perlu diingat proses root ini berlangsung di ponsel Redmi 2 dengan stock ROM very 6.5.0.1.

Setelah root, tentunya nanggung kalau tidak sekalian meng-install custom recovery. Custom Recovery yang penulis gunakan nantinya bersifat permanen dan mengugunakan recovery image dari Philz. Custom recovery Philz memiliki tampilan yang lebih baik dan tentunya fitur yang lebih banyak. Custom recovery ini sangat berguna untuk melakukan backup ROM dan app yang kita pakai di Redmi, jika ada sesuatu yang salah tinggal restore saja.
Oke, kita persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Download file untuk rooting dan instalasi custom recovery.

Cara Root Redmi 2

Step 1 – Download Redmi 2 CWM_Recovey installer ZIP file Step 2 – Extract ZIP file tersebut ke local disk
Step 3 – Copy-kan file “UPDATE-SuperSU-v1.94.zip” yang ada dihasil extrak file ZIP ke memory ponsel. Step 4 – Power-off ponsel, reboot ke fastboot mode dengan menekan tombol volume-down dan power secara bersamaan.
Step 5 – Hubungkan ponsel ke PC
Step 6 – Open folder dari hasil extract  ZIP di atas, klik file BAT-nya
Step 7 – Ikuti langkah selanjutnya dengan menekan any key hingga window CMD tertutup dengan sendirinya.
Step 8 – Redmi 2 akan reboot ke CWM recovery
Step 9 – Flash file “UPDATE-SUperSU-v1.94” melalui CWM recovery, pilih install zip > choose SDcard1 lalu cari file tersebut diposisi dimana tadi telah dicopy-kan.
Reboot system.  Kini Redmi 2 telah rooted dan kini dilanjutkan meng-install custom recovery Philz.

Cara Install Custom Recovery Philz di Redmi 2

Step 1 – Download Rashr APK, copykan ke memory ponsel Redmi 2
Step 2 – Download Philz Touch Recovery Image Redmi 2, copykan ke memory ponsel Redmi 2
Step 3 – Install Rashr apk, lalu open rashr, pilih Recovery from Storage kemudian arahkan ke posisi dimana Philz image recovery disimpan di ponsel
Step 4 – Reboot ke recovery, maka setelah itu Redmi 2 langsung rebbot ke Philz Recovery

Kini Redmi 2 memiliki custom Recovery yang lebih baik baik dari segi tampilan juga fitur dibandingkan Mi Recovery yang miskin fitur dan tampilan seadanya. Silahkan untuk membackup ROM ataupun mencoba untuk mem-flash Redmi 2 dengan custom ROM lainnya.

Dari pengalaman penulis, untuk performance bisa dipertimbangkan untuk menggunakan CyanogenMod 11 atau versi enhancednya yaitu Install crDroid ROM on Redmi 2. Kedua ROM ini terbukti sangat stabil dan free RAM setelah menggunakan kedua ROM tersebut sekitar 400MB. Dan tentunya sangat nyaman digunakan untuk keperluan sehari-hari termasuk fitur dual sim Redmi 2.

Hanya saja untuk segi tampilan dan UI yang ciamik juga beberapa fitur lainnya, maka stock ROM miui 6 adalah juaranya. Sekali lagi semua dikembalikan ke user profile masing-masing.

Cara Root dan Install Custom Recovery di Redmi 2 |Henry |4.5 | dibaca 25,261 kali