Cara Mudah Upgrade Redmi 2 ke MIUI 7 tanpa PC

perintahdasar.com – Sudah hampir seminggu Xiaomi merilis MIUI 7 untuk ponsel-ponselnya dan selama itu pula Redmi 2 yang menjadi ponsel pegangan penulis menjadikan MIUI 7 versi Global Stable sebagai ROM pilihan. Dan selama hamper seminggu ini, penulis merasakan peningkatan performa dan ketahan baterai serta berkurangnya panas yang berlebihan saat menggunakan MIUI 7 versi developer. Dan asyiknya juga, penulis melakukan update Redmi 2 ke MIUI 7 versi Global Stable tanpa menggunakan PC atau computer.

Proses upgrade Redmi 2 ke MIUI 7 bisa dikatakan sangat mudah, hanya bermodalkan kesabaran, zip ROM versi Global stable, kondisi baterai di 60% ke atas dan sedikit mengetahui bagaimana menggunakan aplikasi Updater yang secara default pasti menjadi bagian dari ROM MIUI.

Bagaimana dengan Redmi 2 Prime?, bisa penulis katakana sama saja. Toh, ROM yang digunakan juga sama. Jadi baik versi standar Redmi 2 maupun Redmi 2 Prime dapat menggunakan tutorial singkat di bawah ini termasuk ROM ZIP yang sama. Menyenangkan bukan?.

Proses upgrade di bawah merupakan proses update atau upgrade secara manual, karena sebenarnya proses update secara OTA sedang berlangsung, namun banyak kawan-kawan yang Redmi 2 nya masih menggunakan versi ROM China sehingga OTA update tentunya akan mendapatkan versi China pula. Jadi, tutorial di bawah merupakan cara terbaik untuk merubah ROM versi apapun di ponsel Redmi 2 atau Redmi 2 Prime menjadi versi Global Stable MIUI 7.

Cara Update Manual Redmi 2 ke MIUI 7

Proses Upgrade Redmi 2 sebenarnya ada dua metode, metode pertama dengan Fastboot ROM dan metode kedua menggunakan ZIP ROM recovery. Kali ini kita gunakan metode recovery saja dengan rasa fastboot. Jadi jangan salah download ROM, download lah ROM zip recovery dari link resmi bigota miui di bawah ini.

Langkah 1 – Download zip ROM recovery MIUI 7 Global Stable Redmi 2 di link bigota miui.
Langkah 2 – Karena langsung menggunakan ponsel Redmi 2, pastikan mengingat dimana posisi file zip tersimpan. Jika perlu pindahkan file zip tersebut ke direktori root dari microSD. Hal ini tentunya untuk memudahkan proses navigasi atau pencarian file zip tersebut ketika proses flashing dilakukan.
Langkah 3 – Setelah selesai terdownload file zip tersebut. Kini buka aplikasi Updater di folder Tool. Masuk ke opsi menu dari aplikasi updater dengan men-tap symbol tiga titik di pojok kanan atas atau liat gambar di bawah.
Redmi 2_Update_MIUI7
Langkah 4 – Pilih opsi “Select Update Package”, arahkan ke file zip recovery yang telah terdownload.

Seketika ponsel akan melakukan reboot dan masuk ke Mi recovery, tunggu sampai benar-benar selesai proses flash ROM Global MIUI 7 Stable ke Redmi 2. Jika kamu menemui proses agak lama di level 99%, jangan panic, tetap tunggu hingga selesai karena ponsel sedang benar-benar melakukan proses akhir dari flashing Redmi 2.

Saat proses flash selesai, ponsel Redmi 2 akan melakukan reboot kembali dan kini langsung muncul logo MIUI kemudian diikuti dengan pesan “Android” di posisi tengah bawah dari layar ponsel Redmi 2. Tunggu hingga benar-benar selesai, setelah selesai maka ponsel Redmi 2 sudah terupdate ke MIUI 7 Global Stable dengan memverifikasinya di bagian about phone di menu setting.

Namun, jika kamu merasa ada kejanggalan saat menjalankan MIUI 7 di ponsel Redmi 2. Maka sebaiknya lakukan reset secara total ponsel. Caranya dengan masuk ke menu recovery melalui aplikasi Updater seperti di atas. Lalu pilih “Reboot to Recovery Mode”. Kemudian saat di menu recovery, lakukan Wipe All Data di menu Wipe & Reset. Proses ini akan mereset ponsel Redmi 2 kembali seperti settingan pabrik dan tentunya resiko kehilangan data akan terjadi.

Cara Mudah Upgrade Redmi 2 ke MIUI 7 tanpa PC |Henry |4.5 |