Cara Mudah Me-Nonaktifkan fitur Auto HDR di Kamera iPhone X dan iPhone 8

iPhone dikenal sebagai ponsel pintar yang memiliki kelebihan di sisi hardware selain optimalisasi software dengan fitur keamanan yang mumpuni. Salah satu fitur yang ditunggu di iPhone adalah kemampuan kameranya, dan seperti kamera di smartphone pada umumnya, kemampuan HDR menjadi sesuatu yang dicari meskipun tidak semua pengguna iPhone menggunakannya. Disinilah Kami mencoba berbagi tips bagaimana cara termudah me-nonaktif-kan fitur Auto HDR pada kamera iPhone X dan iPhone 8.

Cara Mudah Me-Nonaktifkan fitur Auto HDR di Kamera iPhone X dan iPhone 8

Fitur HDR pada kamera yang ada di iPhone terbaru secara otomatis diaktifkan dan ini terjadi pada iPhone X, iPhone 8 Plus, dan iPhone 8. Fitur HDR sangat berguna yang seringkali digunakan untuk membuat gambar yang terlihat lebih baik dengan memadukan rentang warna dari eksposur yang berbeda menjadi satu gambar saja, hanya saja fitur ini terkadang bisa membuat gambar terlihat aneh atau bahkan hasilnya lebih buruk, biasanya ini terjada pada beberapa situasi pencahayaan dan dengan beberapa gambar orang.

Guna menghindari hasil photo yang disebutkan di atas, maka langkah pertama kali adalah dengan mendisable fitur auto HDR  di iPhone. Cara menon-aktifkan auto HDR juga bisa mengembalikan tombol HDR yang sempat “hilang” di aplikasi kamera iPhone. Tentu saja tombol ini akan sangat berguna jika saat mengambil gambar memang memerlukan fitur ini atau akan bekerja secara otomatis pada kondisi pencahayaan tertentu. Dengan demikian kondisi ini sangat kontras sekali jika dibandingkan dengan keadaan default pada iPhone baru, yang menyembunyikan tombol “HDR” karena fitur otomatis diaktifkan secara default. Dengan kata lain, jika Anda ingin tombol kontrol HDR dikembalikan ke aplikasi kamera iPhone, Anda harus menonaktifkan fitur Auto HDR di menu Settings atau pengaturan.

Cara mengembalikan Tombol HDR di aplikasi kamera iPhone

Mengembalikan tombol HDR di aplikasi kamera iPhone merupakan efek dari me-nonaktif-kan fitur Auto HDR. Dan ini hanya berlaku untuk model iPhone terbaru dengan pengaturan bawaan auto HDR yang diaktifkan secara default, sedangkan iPhone versi lama tidak akan mengaktifkan HDR secara otomatis di menu Settings atau pengaturan. Cara setting auto HDR di iPhone X dan iphone 8 cukup mudah, yaitu dengan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke menu pengaturan yaitu “Settings” dan masuk ke menu “Camera”

2. Kini cari bagian opsi “HDR (High Dynamic Range)” lalu matikan fitur “Auto HDR” ke posisi OFF.
Anda juga bisa memilih beberapa opsi lainnya seperti “Keep Normal Photo” yang memungkinkan Anda untuk bisa menentukan jenis foto yang Anda inginkan.

3. Kembali ke aplikasi Kamera iPhone dan sekarang Anda akan melihat opsi tombol “HDR” di bagian atas layar kamera.

Dengan Auto HDR dinonaktifkan di general Camera Settings, opsi tombol “HDR” kembali ke aplikasi Kamera itu sendiri, yang dapat dialihkan langsung.

Anda juga bisa mengatur HDR untuk berada di “auto” dalam aplikasi Camera, meskipun Auto HDR  dimatikan di menu Settings. Saat Anda mematikan “Auto HDR” di menu Settings, ini akan membawa kontrol kembali ke aplikasi Kamera, seperti pada model iPhone sebelumnya. Selain itu, Anda juga dapat mematikan HDR, atau HDR aktif, langsung dari aplikasi kamera yang ada di iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus. Hal ini memang sedikit membingungkan, tetapi begitulah cara kerja iOS terbaru untuk model iPhone paling anyar ini. Pada dasarnya, jika Anda ingin mengontrol fitur HDR secara langsung, matikan fitur di menu Settings, sehingga Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur seperti yang Anda inginkan di aplikasi Kamera itu sendiri.

Selain fitur menonaktifkan auto HDR, pada bagian menu Pengaturan Kamera yang ada di iPhone juga memiliki beberapa pilihan berguna lainnya yang mungkin ingin Anda periksa, termasuk mengaktifkan kisi kamera, memastikan kamera iPhone dapat membaca kode QR, menyetel kamera iPhone untuk mengambil foto seperti format JPEG atau HEIF, dan banyak lainnya.

Kembali pada pilihan “Keep Original Photos” di atas , fitur ini direkomendasikan jika Anda ingin melihat foto HDR dan non-HDR saat foto HDR diambil. Anda akan melihat keduanya di samping satu sama lain di dalam aplikasi “Photo Camera Roll” bila tersedia, mungkin terlihat seperti foto yang sama dari gambar kecil, namun jika Anda melihat secara dekat kedua gambar yang akan Anda lihat berbeda dengan HDR, yang menarik jangkauan eksposur yang lebih luas dan kemudian menggunakan perangkat lunak untuk menggabungkannya ke dalam satu gambar, sedangkan foto standar tidak melakukannya.

Baca juga: Cara Jitu Mengatasi Baterai Boros di iOS terbaru

Fitur HDR merupakan fitur yang dirindu juga dibenci pada setiap aplikasi kamera di smartphone. Hanya saja bagi orang awam yang hanya mementingkan bagaimana kamera di suatu ponsel pintar bekerja tidak akan memusingkan pilihan-pilihan ini. Namun jika pengguna sedikit lebih serius mengetahui fitur auto HDR, maka akan ada dua gambar yang telihat sama, hal ini akibat dari fitur “Keep original Photo” masih aktif seiring dengan pengambilan gambar menggunakan fitur HDR. Tidak perlu heran, tapi cukup bijaksana dengan menghapus gambar yang tidak disukai untuk menghindari kapasitas memori di iPhone penuh.

Cara Mudah Me-Nonaktifkan fitur Auto HDR di Kamera iPhone X dan iPhone 8 |Henry |4.5 | dibaca 36 kali