Cara Mudah Merawat Lampu Proyektor

perintahdasar.com –┬áMemiliki proyektor atau diserahi tanggung jawab merawat proyektor memerlukan pengetahuan tambahan untuk merawatnya terutama lampu proyektor. Hal ini diperlukan untuk memperpanjang masa kerja proyektor dimana komponen inti dari sebuah proyektor adalah lampunya, sedangkan masa kerja lampu proyektor terbatas sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh pabrik pembuatnya.

Dengan menerapkan perawatan yang benar pada lampu proyektor diharapkan proyektor dapat digunakan seoptimal dan semaksimal mungkin sesuai dengan spesifikasinya. Jangan sampai umur lampu proyektor lebih singkat dari spesifikasi yang sudah diberikan oleh manufakturnya. Karena jika lampu proyektor rusak maka bisa dikatakan saatnya membeli proyektor yang baru karena harga penggantian lampu proyektor hampir setengah harga jika dibandingkan membeli proyektor baru. Lalu bagaimana cara merawat lampu proyektor, hal ini tidak sulit bahkan cukup mudah.

Proyektor

Tips Merawat Lampu Proyektor

  1. Prosedur Menyalakan dan Mematikan Proyektor

Saat proyektor dinyalakan, tidak hanya komponen elektronika yang dinyalakan tetapi juga lampu proyektor. Lampu proyektor memerlukan waktu beberapa menit untuk mencapai kondisi stabil untuk beroperasi. Jika dalam kondisi menuju stabil lalu proyektor dimatikan maka akan membuat lampu proyektor tidak satabil sehingga menyebabkan lampu terbakar. Kondisi seperti ini jika sering dilakukan akan membuat umur lampu proyektor menjadi pendek.

  1. Pemindahan proyektor

Usahakan proyektor tidak sering dipindah-pindah, namun jika hal ini tidak bisa dihindari maka perlu diperhatikan tips berikut, Jangan memindahkan proyektor sesaat ketika proyektor dimatikan, terlebih kondisi kipas pendingin yang ada di proyektor masih berputar, tunggu hingga benar-benar kipas pendingin tersebut berhenti sebelum memindahkannya. Hal ini diperlukan karena jika proyektor masih dalam kondisi panas, maka lampu proyektor juga masih dalam kondisi yang panas dan sangat rawan jika digerakkan atau tidak stabil.

  1. Bersihkan Filter Proyektor

Temukan posisi filter di proyektor dan bersihkan secara berkala. Filter ini berguna untuk mencegah debu masuk ke area sensitive pada lampu proyektor. Filter yang tersumbat oleh debu akan menahan panas yang seharusnya dilepaskan dari proyektor, hal ini akan mengakibatkan lampu proyektor terbakar. Untuk membersihkannya gunakan vacuum cleaner.

  1. Economy Mode di Proyektor

Proyektor generasi sekarang mempunyai pilihan berjalan di economy mode, pilihan ini berguna untuk memperpanjang umur lampu proyektor. Sangat disarankan untuk selalu menggunakan proyektor di pilihan economy mode.

  1. Lampu Proyektor jangan digerak-gerakan

Jika tidak perlu, jangan pernah menggerak-gerakkan lampu proyektor terlebih dalam kondisi panas karena akan menyebabkan kawat filament lampu proyektor putus. Jika terpaksa harus menggerakkan lampu proyektor, lakukanlah saat kondisi lampu proyektor dingin.

  1. Jangan Letakkan benda apapun di Proyektor

Kondisikan proyektor bebas dari benda lain disekelilingnya, dan berikan jarak yang cukup untuk aliran udara ventilasi yang ada di proyektor. Hal ini sangat diperlukan guna memberikan akses kepada udara yang keluar masuk ke proyektor.

Semoga dengan beberapa tips di atas, lampu proyektor dapat digunakan seoptimal dan semaksimal mungkin minimal sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh pabrik pembuatnya. Perawatan yang baik terhadap proyektor dan lampu proyektor dapat menghemat biaya operasional terlebih di kondisi perlambatan ekonomi seperti sekarang ini.

Cara Mudah Merawat Lampu Proyektor |Henry |4.5 | dibaca 1,822 kali