Begini Cara Mudah Mengaktifkan Fitur “Double Tap to Wake” di Lenovo A6000

Double Tap to Wake Lenovo A6000 – Menghidupkan layar ponsel dengan menkan tombol power sudah menjadi suatu hal yang lazim namun dalam kondisi tertentu, praktek menekan tombol power menyebabkan tombol power tersebut tidak berfungsi lagi dengan sempurna atau macet sehingga perlu beberapa diulang beberapa kali sekedar hanya untuk menghidupkan layar ponsel. Namun cerita kejengkelan seperti ini segera berakhir jika fitur “Double Tap to Wake” diaktifkan.

Lalu bagaimana caranya menggunakan fitur canggih ini?, di tutorial terdahulu pernah kita singgung cara mengaktifkan fitur Double Tap to Wake di ponsel Xiaomi dan kini giliran ponsel Lenovo A6000. Namun, fitur Double Tap to Wake di Lenovo A6000 bukanlah fitur standar, perlu sedikit usaha.
Sebelum melangkah lebih jauh untuk menikmati fitur Double Tap to Wake di ponsel Lenovo A6000, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini;

  1. ROM yang digunakan adalah Stock ROM Dual 4G berbasiskan Android Lollipop 32-bit.
  2. Lakukan Backup data yang ada di ponsel
  3. Custom Recovery telah terpasang di ponsel, disarankan TWRP recovery

Jika ponsel Lenovo A6000 kamu masih menggunakan stock ROM dan recovery, maka disarankan untuk tidak mencoba tutorial di bawah guna mengaktifkan fitur Double Tap to Wake. Dan jika ada yang menanyakan bagaimana performa baterai setelah fitur Double Tap to Wake diaktifkan, silakan disurvei sendiri dengan ponsel yang ada dan sekiranya dibagi pengalaman tersebut di sini. Penulis sendiri belum bisa memberikan kesimpulan karena terbatasnya akses penulis terhadap ponsel tersebut. Kini kita lanjutkan dengan tutorial cara mudah mengaktifkan firut Double Tap to Wake di ponsel Lenovo A6000.

Cara mengaktifkan Fitur Double Tap to Wake

Untuk mengaktifkan fitur ini diperlukan sebuah aplikasi tambahan yang dinamakan Kernel Auditor yang diinstall ke ponsel melalui custom recovery TWRP.
Langkah 1 – Download file ZIP Kernel Ed300 dari link ini
Langkah 2 – Download file APK aplikasi Kernel Auditor dari sini
Langkah 3 – Copy-kan kedua file tersebut ke ponsel, tempatkan di microSD untuk mempermudah navigasi saat proses instalasi
Langkah 4 – Install Kernel Ed300 melalui custom recovery, kemudian reboot ponsel
LAngkah 5 – Install aplikasi Kernel Auditor setelah ponsel selesai booting
Langkah 6 – Buka aplikasi kernel auditor => pilih Wake Control => Klik DoubleTap2Wake => pilih Halfscreen
mengaktifkan-fitur-double-tap-to-wake-lenovo-a6000
Langkah 7 – Kemudian aktifkan settingan secara otomatis ketika ponsel booting kembali dengan mengaktifkan opsi “Apply on Boot”.

Reboot ponsel dan kini nikmati fitur Double Tap to Wake di ponsel Lenovo A6000. Fitur ini sangat berguna untuk mengurangi frekuensi penggunaan tombol power yang sering berakibat pada kerusakan tombol power. Dan juga memberikan pengalaman baru bagaimana mengaktifkan layar ponsel dengan cara yang berbeda, cara yang digunakan oleh berbagai ponsel Android papan atas alias premium.

Begini Cara Mudah Mengaktifkan Fitur “Double Tap to Wake” di Lenovo A6000 |Edwin Geral |4.5 | dibaca 3,200 kali

Leave a Reply