Cara Mudah Melakukan Rooting pada Oppo Find Clover tanpa PC

perintahdasar.com – Perangkat android terutama ponsel begitu cepat berkembang dan dirasakan semakin baik performanya. Ponsel android secara out the box pun sudah semakin gegas, smooth dan kapasitas internal storage juga semakin besar. Sehingga keperluan untuk melakukan oprek di ponsel android semakin berkurang seperti merubah partisi internal storage, memindahkan aplikasi dari internal ke SD card, menggunakan custom ROM untuk mendapatkan pengalaman berandroid yang berbeda atau sekedar melakukan rooting.
Namun meskipun secara out the box perangkat android sudah mampu memenuhi kebutuhan kita sebagai penggunanya, ternyata masih banyak dan semakin bertambah aplikasi-aplikasi android yang membutuhkan akses root sehingga memaksa kita untuk mendapatkan akses root guna mendapatkan akses secara penuh ke system android. Demikian juga pada Oppo Find Clover R815 yang perlu diroot untuk mendapatkan hak system di dalamnya secara penuh.
Namun bagi sebagian besar pengguna android, melakukan rooting pada ponselnya menjadi sebuah pengalaman yang menakutkan. Banyak cerita-cerita yang tidak enak saat proses root dengan resiko brick, bootloop atau laporan yang mengatakan bahwa ponsel androidnya malah menjadi lemot.
Tetapi kali ini penulis mencoba berbagi cara mudah melakukan rooting pada Oppo Find Clover R815 tanpa menggunakan PC. Trik rooting ini tentunya hanya berlaku pada Oppo Find Clover R815 meskipun tidak menutup kemungkinan berlaku juga di perangkat android Oppo lainnya atau perangkat ponsel android dengan merk lain karena dalam tutorial root kali ini menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Framaroot.
Sebagai gambaran, proses rooting adalah proses yang berguna mendapatkan hak akses secara penuh ke system dimana dengan akses penuh ini kita dapat melakukan modifikasi terhadap file system atau menginstall aplikasi yang membutuhkan akses root. Jadi jika kita tidak ingin melakukan kedua hal tersebut, maka penulis sarankan proses rooting pada Oppo Find Clover R815 diurungkan saja.
Namun jika tetap bersikeras untuk me-root Oppo Find Clovernya, mari kita lakukan dengan cara yang termudah yaitu dengan menggunakan aplikasi Framaroot yang dapat melakukan rooting tanpa menggunakan PC.
Framaroot-boromir-Oppo
Cara Mudah Melakukan Root pada Oppo Find Clover dengan Framaroot

  1. Tentunya download dan install aplikasi Framaroot
  2. Setelah aplikasi Framaroot terinstall, Buka aplikasi Framaroot lalu pilih “Install SuperSU”
  3. Kemudian di bawahnya klik “Boromir atau Barahir”
  4. Jika sukses akan ada notifikasi “Success…Superuser and Su binary installed. You have to reboot your device“

Kini ponsel harus di reboot atau restart. Setelah proses reboot selesai, maka di ponsel akan muncul ikon aplikasi SuperSU. Dan untuk memastikan apakah proses rooting berhasil atau tidak, kita bisa lakukan verifikasi dengan menggunakan aplikasi Root Checker yang bisa kita install melalui Google Play Store, dimana nantinya akan didapatkan keterangan “Congratulations!…..”.
Setelah ini maka bisa kita lanjutkan dengan melakukan instalasi custom recovery, custom rom, menginstall aplikasi yang butuh akses root, edit hak akses suatu file, dan lain sebagainya pada Oppo Find Clover R815.

Cara Mudah Melakukan Rooting pada Oppo Find Clover tanpa PC |Henry |4.5 | dibaca 5,125 kali