Cara Mudah Melakukan Root dan Unroot Redmi Note 3G tanpa PC

perintahdasar.com – Ponsel Redmi Note 3G akhirnya mendapatkan giliran update ke MIUI 7 meskipun sedikit terlambat dari Redmi 2 atau Redmi Note 4G, namun hal ini ternyata tidak mengurangi kegembiraan para pengguna ponsel Redmi Note 3G. Dan seperti di ponsel Redmi lainnya, setelah update ke versi yang lebih tinggi maka selalu para pengguna mencari cara bagaimana melakukan root ke ponsel.

Tentunya yang dicari oleh para pengguna ponsel android dalam melakukan root ke ponsel mereka masing-masing adalah mencari yang termudah dan sebisa mungkin tanpa PC. Dan beruntunglah para pemilik Redmi Note 3G, karena kali ini penulis mencoba membagi pengalaman penulis dalam melakukan root pada ponsel Remi Note 3G tanpa menggunakan PC.
How-to-Root-Redmi-Note
Cara melakukan root Redmi Note 3G tanpa PC tidaklah sulit bahkan cukup mudah. Metode root ini tidak membutuhkan custom recovery seperti yang dibutuhkan saat melakukan root pada Xiaomi Mi4i, atau menggunakan versi MIUI yang spesifik atau prasyarat lainnya. Di tutorial kali ini, cukup dengan mendownload file Zip untuk root kemudian flashing menggunakan Mi recovery, sehingga rooting pada Redmi Note 3G dapat dilakukan tanpa menggunakan PC.

Proses root Redmi Note 3G tanpa PC dapat juga diaplikasikan pada semua versi ROM standar Redmi Note 3G seperti versi China, Global Stable dan Global Dev. Yang dibutuhkan hanyalah melakukan flashing menggunakan recovery bawaan Xiaomi yaitu Mi recovery. Namun metode ini hanya benar-benar bekerja pada ponsel Redmi Note 3G yang sama sekali belum dilakukan root dengan metode apapun karena dikhawatirkan akan terjadi konflik dengan aplikasi super user yang telah terinstall sebelumnya dengan metode root tersebut.

Langkah Mudah Cara Melakukan Root Redmi Note 3G tanpa PC

Berikut adalah cara melakukan root Redmi Note 3G tanpa PC yang bisa kita lakukan secara langsung di ponsel. Ingat, proses ini hanya dapat digunakan pada ponsel Redmi Note 3G. Untuk ponsel lainnya, silakan menggunakan tombol search di kanan atas untuk mencari ponsel android yang diinginkan.
Langkah 1 – Download File HM_Note_3G_SuperSU.zip, pindahkan ke directori root pada MicroSD atau internal storage ponsel.
Langkah 2 – Masuk ke aplikasi Updater yang ada di folder Tools di ponsel
Langkah 3 – Pilih tanda titik tiga di kanan atas untuk masuk ke menu, pilih “Choose Update Package”, kemudian arahkan ke file Zip yang telah di download. Otomatis ponsel akan melakukan reboot dan masuk ke Mi recovery untuk melakukan flashing file xip tersebut
Langkah 4 – Setelah proses flashing selesai, ponsel akan reboot kembali. Setelah proses reboot selesai, buka aplikasi SuperSU yang terinstall saat flashing di langkah 3. Aplikasi SuperSU akan meminta untuk melakukan update SU binary, pilih Normal untuk metode updatenya. Jangan pilih TWRP/CWM karena bisa berakibat boot-loop.
Setelah proses update binary selesai, maka ponsel kini telah dalam kondisi root. Untuk memverifikasinya, silakan download aplikasi Root Checker dari Google Play Store.

Cara Unroot Redmi Note 3G

Jika ingin melakukan unroot pada Redmi Note 3G, cukup dengan menghapus aplikasi SuperSU yang ada, setelah benar-benar komplit proses uninstall-nya maka ponsel Redmi Note 3G sudah kembali ke posisi unroot.

Dari berbagai ponsel yang penulis gunakan, proses root dan unroot pada ponsel seri Redmi menjadi yang termudah meskipun tidak semua ponsel keluaran memiliki metode yang sama seperti yang penulis temukan di Mi4i dan Mi3.
Semoga berguna tutorial singkat ini, dan ingat proses root pada ponsel diperlukan jika kita ingin menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root seperti Titanium Backup. Jika tidak ada kebutuhan khusus seperti ini, maka penulis sarankan ponsel android kita tetap dalam kondisi unroot.

Cara Mudah Melakukan Root dan Unroot Redmi Note 3G tanpa PC |Henry |4.5 | dibaca 107,727 kali

Leave a Reply