Cara Mudah Install TWRP dan Root di Samsung Galaxy A9 Pro

Samsung memiliki banyak produk smartphone di level menengah yang cukup baik. Dengan spesifikasi dan harga jual yang kompetitif, smartphone kelas menengah dari Samsung banyak menarik para pengguna android untuk memilikinya, apalagi dukungan layanan purna jual yang semakin merata telah menjadi poin lebih bagi pengguna yang tidak ingin ribet. Salah satu smartphone tersebut adalah Galaxy A9 Pro keluaran tahun 2016. Smartphone ini sudah lebih dari setahun beredar di pasaran dengan Android 6.0.1 Marshmallow di dalamnya. Dan kini setelah mendapatkan update ke Android Nougat, tentu akan lebih menarik jika anda install TWRP dan root di Samsung Galaxy A9 Pro.

Install TWRP dan Root di Samsung Galaxy A9 Pro

Update ke Android Nougat pada Galaxy A9 Pro merupakan rilis resmi dari pabrikan ponsel asal Korea ini karena dilakukan melalui OTA atau Over The Air. Dan meskpun versi Android Nougat yang digunakan adalah versi 7.0, bukan 7.1, tetap saja hal ini sudah lebih baik dibandingkan jika tidak ada update sama sekali. Dan kini mungkin banyak pengguna smartphone Samsung Galaxy A9 Pro dengan Android Nougat mencoba untuk mendapatkan akses yang lebih baik ke ponsel tersebut guna bisa digunakan lebih baik seperti lancar digunakan saat bermain game Mobile Legend ataupun AOV. Hanya saja untuk mendapatkan akses penuh seperti akses root tersebut diperlukan panduannya. Untuk itu anda bisa mengikuti langkah demi langkah dari tutorial berikut ini.

Ada resiko yang perlu kamu ketahui saat ingin melakukan instalasi custom recovery TWRP dan root pada smartphone android, dan hal ini juga berlaku pada Galaxy A9 Pro. Dimana tidak ada jaminan kamu berhasil melakukan rooting dan memasang custom recovery TWRP meskipun kamu mengikuti tutorial dengan akurat. Resiko yang terjadi bisa saja smartphone mengalami bootloop dan brick. Untuk itu pihak PerintahDasar tidak bertanggung jawab atas kasus semacam itu. Hanya saja berdasarkan pengalaman yang kami punya, sepanjang segala persyaratannya terpenuhi seperti driver, instalasi driver di PC atau laptop sesuai dan benar, dan file untuk custom recovery TWRP serta root sesuai dengan type smartphone, maka proses rooting dan inatalsi custom recovery akan berhasil dengan baik.

Sebaiknya semua data yang ada di smartphone termasuk di storage internal sudah terbackup dengan baik karena proses root dan install custom recovery TWRP di Galaxy A9 Pro ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone.

Persyaratan Sebelum Melakukan Install TWRP dan Root di Samsung Galaxy A9 Pro

Sebelum melakukan proses root dan install TWRP pada smartphone android, ada beberapa hal prasyarat yang harus dipenuhi semulai memulai proses ini. Hal ini sangat penting agar hasil yang diinginkan tercapai tanpa ada kendala di tengah jalan.

  • Pastikan driver USB untuk smartphone Samsung telah terinstall dengan sempurna di PC atau laptop.
  • Pastikan kondisi baterai Galaxy A9 Pro sekurang-kurangnya 60%, hal ini sangat diperlukan karena smartphone kemungkinan besar akan melakukan proses reboot berulang kali dan hal ini tentunya menyita kapasitas baterai.
  • Pastikan kabel USB yang digunakan dalam kondisi baik, usahakan gunakan kabel USB bawaan.
  • Aktifkan opsi USB Debugging dan pastikan kondisi smartphone telah terunlock yang bisa dilihat di menu Developer Options.

Kini setelah prasyarat di atas terpenuhi, kini saatnya mendownload beberapa file di bawah ini. Tentu saja file-file ini sangat penting agar tujuan mendapatkan akses root dan terinstall custom recovery di TWRP bisa terpenuhi.

  • Download ODIN di link ini, lalu install di laptop atau PC
  • Download file TAR untuk TWRP Galaxy A9 Pro SM-A910/9100 di link utama | Mirror
  • Download file Magisk v14.0 untuk systemless root di link utama | Mirror
  • Download file Boot image patcher untuk melakukan patch file boot di link utama | Mirror
  • Dan, file SuperSU untuk mendapatkan akses root pada Galaxy A9 Pro SM-A910/910, link utama | Mirror

Cara Install TWRP di Samsung Galaxy A9 Pro

Setelah prasyarat dan file yang dibutuhkan telah terpenuhi, maka kini giliran berikutnya adalah bagaimana cara melakukan instalasi custom recovery TWRP di smartphone Samsung Galaxy A9 Pro. Caranya cukup mudah dengan mengikuti alur langkah demi langkah di bawah:

  1. Buka aplikasi Odin yangtelah terinstall di PC atau laptop.
  2. Kini boot smartphone Galaxy A9 Pro ke mode download. Caranya adalah, pertama kali matikan smartphone. Kemudian saat smartphone dalam kondisi mati, tekan dan tahan tombol Volume Down, tombol home lalu tekan tombol power untuk beberapa detik hingga muncul peringatan di layar. Kini tekan tombol Volume Up untuk masuk ke mode Download.
  3. Koneksikan smartphone ke PC atau laptop dengan kabel USB yang telah disiapkan. Di layar PC atau laptop, akan muncul port ID:COM port berwarna biru di aplikasi ODIN yang telah dibuka di langkah 1. Ini artinya smartphone telah terdeteksi dengan semourna oleh ODIN, jika warna biru tidak tampil, maka perlu dicek kembali pemasangan driver Samsung USB-nya.
  4. Kini klik tombol AP di aplikasi ODIN lalu pilih file TAR TWRP yang telah didownload.
  5. Kini sebelum meng-klik tombol “Start”, pastikan untuk melakukan “uncheck” di opsi Auto-Reboot yang ada di menu tab Options. Jika sudah, maka kini lanjutkan dengan menekan tombol Start sebagai konfirmasi proses instalasi custom recovery TWRP.
  6. Saat proses instalasi TWRP selesai maka akan ditandai dengan adanya pesan PASS ditampilan aplikasi ODIN. Hal ini menandakan proses flashing TWRP sukses.
  7. Kini lepaskan smartphone dari kabel USB, lalu matikan kembali dengan menekan agak lama tombol power. Jangan dinyalakan dulu ya.

Cara Root Samsung Galaxy A9 Pro dengan Android Nougat

Kini setelah proses instalasi custom recovery TWRP di Galaxy A9 Pro selesai, kita lanjutkan dengan melakukan proses rooting. Caranya merupakan kelanjutan dari pemasangan custom recovery TWRP di atas.

  1. Reboot smartphone Galaxy A9 Pro untuk masuk ke menu recovery dengan cara menekan secara bersamaan tombol Volume Down, tombol Home dan tombol Power. Saat layar blank atau tidak tampak apapun, segera lepaskan tombol Volume Down kemudian tekan tombol Volume Up dengan tombol yang lainnya masih ditekan. Kini smartphone Galaxy A9 Pro masuk ke menu recovery TWRP.
  2. Di menu recovery TWRP, pilih Wipe > Format Data lalu tekan tombol yes. Langkah ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone, dan yang terpenting adalah melakukan proses decrypt partisi data.
  3. Kini copykan file Magisk v14.0 dan file ZIP boot image patcher yang telah didownload ke smartphone melalui koneksi MTP.
  4. Flash file ZIP Magisk dengan cara masuk ke menu “Install”, lalu pilih file ZIP Magisk, kemudian swipe ke kanan sebagai konfirmasi untuk memulai proses instalasi.
  5. Kembali ke menu utama TWRP, pilih opsi Install lagi, dan kali ini untuk melakukan proses flashing file boot image patcher. Hal ini diperlukan untuk memastikan kondisi partisi data smartphone dalam kondisi decrypt.
  6. Beberapa pengguna melaporkan jika smartphone mereka mengalami jeda di layar saat unlock setelah rooting menggunakan Magisk. Untuk menghindari hal ini, rooting bisa menggunakan alternative lawas yaitu dengan melakukan proses flash menggunakan file Zip SuperSu yang telah didownload dari link di atas.
  7. Kini setelah semua selesai dilakukan, lakukan proses reboot smartphone dengan menekan tombol reboot system yang muncul sesaat proses flash selesai.

Ketika smartphone selesai melakukan proses boot-up. Kamu akan menemukan aplikasi Magisk Manager di smartphone. Hal ini berarti proses rooting telah sukses dilaksanakan. Jika kamu menggunakan SuperSu, maka aplikasi SuperSU yang akan muncul.

Untuk memastikan smartphone Galaxy A9 Pro kamu benar-benar telah diroot dengan sempurna, kamu bisa melakukan verifikasinya dengan mendownload aplikasi Root checker langsung dari Play Store.

Cara Mudah Install TWRP dan Root di Samsung Galaxy A9 Pro |Wildan |4.5 | dibaca 68 kali