Cara Mudah Disable Driver Signature Enforcement di Windows 8 dan Windows 10 64-Bit

Disable Driver Signature Enforcement Windows 10 – Berikut adalah tutorial yang sejak lama tertahan di folder draft penulis yaitu bagaimana cara yang mudah men-disable driver signature enforcement pada Windows 8 dan Windows 10 64-bit. Hal ini sangat dibutuhkan saat kita melakukan proses instalasi beberapa driver yang dibutuhkan saat melakukan proses flash ke ponsel-ponsel Xiaomi generasi terbaru termasuk Xiaomi Mi5.

Proses men-disable driver signature enforcement pada Windows 8 dan Windows 10 64-bit dapat dilakukan dengan dua cara, dimana cara pertama adalah cara yang tidak permanen alias hanya dilakukan saat proses instalasi driver-driver yang kita butuhkan saja, atau cara kedua yang akibatnya adalah permanen yang tentunya akan berakibat pada driver-driver yang terkadang tidak perlu kita install.

Silahkan saja dipilih yang sesuai dengan kebutuhan, yang pasti ditutorial “Cara Mudah Disable Driver Signature Enforcement pada Windows 8 dan Windows 10 64-Bit”, penulis akan menuliskan kedua cara tersebut.

Cara Sementara atau tidak permanen

Langkah 1: Masuk ke menu Shutdown/Restart lalu tekan dan tahan tombol SHIFT sembari meng-klik menu Restart yang ada di layar PC atau laptop.

Langkah 2: Saat PC atau laptop melakukan proses reboot, kini pilih opsi menu “Troubleshoot” seperti gambar yang tertera di bawah ini:

Langkah 3: Pilih opsi Advanced seperti terlihat di gambar berikut:

Langkah 4: Pilih “Startup Settings” untuk measuk ke menu seting startup seperti tertera di gambar bawah ini.

Langkah 5: Klik tombol Restart yang ada di pojok kanan bawah layar dari menu “Startup Settings” untuk memulai proses reboot PC/Laptop,

  • Langkah 6: Kini saat proses restart “Startup Settings” di windows, tekan tombol F7 key yang ada di keyboard untuk memilih opsi “Disable driver signature enforcement“ seperti terlihat di gambar di bawah :

Langkah 7: Kini PC atau laptop akan melakukan proses reboot. Dan kita bisa memulai proses instalasi driver yang dibutuhkan yang masuk kategori “Unsigned Drivers” dengan meng-klik menu pilihan “Install this driver software anyway” seperti yang tampil di gambar di bawah ini.

Cara Permanen Disable Driver Signature Enforcement:

Langkah 1: Tekan dan tahan tombol logo Windows yang ada di PC atau laptop sembari menekan klik kanan mouse pada posisi logo Windows yang ada di pojok kiri bawah layar, lalu klik “Command Prompt (Admin)” seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini;

Langkah 2: Ketikkan perintah di terminal Command Prompt yang tertera di gambar di bawah ini:

Langkah 3: Kini reboot PC atau laptop, setelah proses reboot selesai maka opsi “Signing Enforcement” telah ter-disable.

Lalu bagaimana jika ingin meng-enable kembali “Driver Signature Enforcement” ?, caranya sama dengan langkah 2 tetapi kode atau perintah command prompt-nya adalah seperti tertera di gambar berikut:

 

Cara Mudah Disable Driver Signature Enforcement di Windows 8 dan Windows 10 64-Bit |Henry |4.5 | dibaca 693 kali