Cara Mining Koin Monero dengan xmr-stak-cpu di Ubuntu 16.04

Ternyata dunia mata uang digital atau sering disebut dengan cryptocurrencies berkembang dengan cukup pesat. Dari melonjaknya harga bitcoin yang dijadikan sebagai acuan referensi setiap uang digital yang muncul setelahnya, kemunculan koin-koin baru, hingga cara mining atau nambang koin digital telah menarik perhatian banyak netizen untuk minimal mencari tahu hype terbaru di Internet ini.

Salah satu dari sekian informasi tentang cryptocurrencies adalah cara mining koin monero dengan aplikasi miner xmr-stak-cpu di computer yang menjalankan sistem operasi Linux Ubuntu 16.04. Monero sendiri merupakan salah satu uang digital yang bisa di mining menggunakan computer berbasiskan algorithma Cryptonote atau Cryptonight. Dan berbeda dengan koin bitcoin yang berbasis algorithma SHA256 yang bisa di mining menggunakan perangkat ASIC miner, maka Monero hanya bisa di mining menggunakan CPU dan GPU alias perangkat berbasis PC computer.

Dalam kesempatan kali ini, penulis mencoba berbagi trik cara mensetting Linux Ubuntu 16.04 suapay bisa digunakan untuk menambang koin monero, yang dalam posisi sekarang ini menjadi koin digital terdepan untuk koin berbasis cryptonote. Caranya cukup mudah dan bisa disimak di tutorial singkat di bawah ini.

Cara Setup Xmr-stak di Ubuntu 16.04

Untuk bisa mining koin monero dengan Linux Ubuntu 16.04, maka pastikan sistem operasi tersebut terlah terinstall dengan baik di PC computer maupun di VPS. Setelah itu lakukan beberapa perintah sebagai berikut.
1. update terlebih dahulu repository installer software Ubuntu yang akan digunakan dengan perintah berikut.

2. Lalu install software tambahan yang diperlukan untuk mengkompilasi kode sumber xmr-stak-cpu agar bisa dijalankan di Linux Ubuntu 16.04.

3. Kini ikuti beberapa perintah berikut untuk memulai proses kompilasi kode sumber xmr-stak-cpu.


4. Setelah proses ‘make install’ berjalan sukses kini kita lanjutkan untuk mensetting xmr-stak-cpu agar bisa digunakan untuk memulai proses mining koin monero.

5. Jalankan xmr-stak-cpu untuk kali pertama untuk memastikan script tersebut dapat menjalankan eksekusi untuk mining.

6. hasil perintah dari ./xmr-stak-cpu akan menampilkan jumlah cpu yang dianjurkan untuk digunakan dalam proses mining, copy saja hasilnya dalam bentuk notepad.

Hasil cpu threads diatas sangat penting karena akan digunakan sebagai acuan utama oleh xmr-stak-cpu dalam proses mining nantinya. Jangan lebih dari jumlah core yang disarankan dari hasil pertama kali mencalankan cript ./xmr-stak-cpu. Apa yang ditampilkan oleh xmr-stak-cpu merupakan konfigurasi optimal guna mendapatkan hashrate dari setiap cpu. Kini masukkan konfigurasi cpu di atas ke dalam file config.txt yang juga berada dalam satu folder dengan script ./xmr-stak-cpu, dan pastikan beberapa file tersebut dibawah ini disesuaikan dengan data yang anda punya.

Pool address: gunakan server pool yang anda inginkan, penulis sendiri mining monero ke pool supportxmr yang terbukti legit dan minimum payment-nya juga cukup rendah yaitu di angka 0.1XMR.
Wallet address: jangan lupa untuk mengganti dengan wallet anddress anda, wallet gunakan official wallet dari getmonero.org.

pool password: bisa gunakan hanya huruf “x” atau dengan format “worker:alamat_email” yang biasanya punya lebih dari satu eorker atau rig.
Kini, simpan konfigurasi file config.txt, lalu jalankan kembali script ./xmr-stak-cpu. Jika Ubuntu menampilan log file seperti berikut maka artinya proses mining sedang berjalan.

Proses instalasi mining monero di Ubuntu 16.04 telah selesai dan proses miningpun sudah berjalan, hanya saja ada beberapa tweak yang dibutuhkan agar proses mining berjalan lebih sempurna dan bisa berjalan secara otomatis saat komputer mining reboot atau anda keluar dari terminal SSH.

Ada tiga komponen utama untuk memastikan proses alokasi memori berfungsi dengan baik tanpa adanya error yang ditampilkan di layar oleh script xmr-stak-cpu, dan proses auto run xmr-stak-cpu juga berjalan tanpa bergantung dari anda lagi untuk menjalankannya secara manual.

1. Seting Huge Pages
Seting ini sangat diperlukan agar isu mmap tidak terjadi di komputer mining saat memulai proses mining. Lakukan hal berikut ini agar isu tersebut bisa terselesaikan.

Lalu agar alokasi hugepages bersifat permanen, maka harus dimasukkan ke system linux dengan perintah sebagai berikut:

Lalu masukkan baris berikut pada baris paling bawah dari file sysctl.conf

2. Seting Limit Security
Seting ini bertujuan agar alokasi memori bisa digunakan oleh xmr-stak-cpu, hal ini sangat penting agar proses mining dapat mendapatkan hashrate yang maksimal karena hal ini sangat berkaitan dengan jumlah shares yang bisa diselesaikan oleh cpu untuk melakukan proses mining koin monero. Berikut adalah caranya:

Kemudian masukkan baris berikut ke baris paling terakhir dari file limits.conf

3. Masukkan XMR-Stak-CPU sebagai salah satu service untuk dijalankan secara otomatis oleh komputer
Hal ini tentu sangat dianjurkan untuk dilakukan karena anda tidak mungkin untuk selalu memonitor jalannya xmr-stak-cpu dan menjalankannya kembali jika ada proses reboot. Untuk itu harus diseting agar xmr-stak-cpu menjadi salah satu service yang harus dijalankan secara otomatis di Linux Ubuntu 16.04. Mari kita mulai proses settingnya.

  • Bikin file monero service di folder /lib/systemd/system dengan perintah sebagai berikut

  • Kini masukkan baris berikut sebagai isi file dari file service.monero

  • Kini jalankan secara berurutan perintah linux di bawah ini.

Nah kini Ubuntu 16.04 akan menjalankan proses mining koin digital monero secara otomatis saat PC komputer melakukan proses reboot. Untuk memastikan, silakan reboot komputer dan silakan login kembali ke Linux Ubuntu untuk memastikan proses mining telah berjalan dengan baik.

Cara Mining Koin Monero dengan xmr-stak-cpu di Ubuntu 16.04 |Wildan |4.5 | dibaca 302 kali