Cara Menghubungkan Android ke Jaringan LAN

Terkoneksi ke Internet menggunakan jaringan wireless merupakan hal yang jamak dan umum dilakukan di jaman sekarang ini, dan menjadi pilihan utama bagi para pengguna internet dan sepatutnya kita berterimakasih atas kenyamanan yang kita nikmati. Namun, ternyata kecepatan wireless tidaklah konsisten dan berpotensi terjadinya masalah keamanan saat digunakan. Hal ini terjadi umumnya pada kondisi dimana banyaknya orang yang menggunakan koneksi Wi-Fi yang sama di waktu yang bersamaan, dan tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang tidak bisa diandalkan.

menghubungkan android ke jaringan ethernet lan

Oleh karena itu, mungkin ada saatnya Anda ingin menggunakan kecepatan internet tercepat yang tersedia untuk perangkat Android Anda. Untuk itu di sini kami berusaha untuk memberikan tips bagaimana Anda bisa mewujudkannya serta apa saja yang diperlukan yaitu bagaimana cara menghubungkan Android ke jaringan LAN atau Ethernet.

Yang Dibutuhkan

Ada tiga hal mendasar yang sangat dibutuhkan guna menghubungkan perangkat Android yang Anda punya ke koneksi Ethernet, yaitu:

  1. Minimal Perangkat Android dengan Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Android versi ini dirilis sejak Oktober 2015. Android versi 6 ini memiliki driver baru yang mampu menghubungkan perangkat Android secara langsung ke koneksi kabel LAN tanpa perlu menggunakan akses root ke perangkat Android. Untuk mengetahui versi perangkat android adalah mengakses ke menu Settings> About Device.
  2. Kabel USB OTG cable. USB OTG merupakan singkatan dari USB on-the-go yang berupa kabel kecil terkoneksi ke port micro USB pada perangkat Android. Biasanya digunakan untuk menyalin file ke flashdisk atau HDD eksternal tetapi bisa juga digunakan untuk terkoneksi ke jaringan LAN.
  3. Kabel USB ke LAN. Komponen terakhir atau ketiga agar perangkat android terhubung ke jaringan LAN atau Ethernet adalah kabel USB ke LAN. Kabel adapter ini jamak digunakan untuk menggantikan port LAN di laptop atau PC desktop untuk terkoneksi ke internet menggunakan jaringan kabel LAN.

Cara Menghubungkan Android ke Jaringan Kabel Ethernet

Menghubungkan perangkat android yang anda punya cukup mudah asalkan ketiga komponen pendukung di atas telah anda miliki. Dimulai dengan menghubungkan kabel ethernet ke kabel adapter USB ke Ethernet, kemudian diikuti dengan menghubungkannya ke kabel adapter USB OTG. Dan dilanjutkan dengan menghubungkan kabel USB OTG ke perangkat android.

Ikon ethernet nantinya akan muncul di pojok kanan atas, dan semua aplikasi, browser, games dan download serta aplikasi lainnya akan secara otomatis berpindah koneksi ke jaringan kabel LAN. Dan untuk memastikannya, silakan jaringan Wi-Fi dimatikan dan lakukan pengetesan kecepatan jaringan seperti biasa.

Kemungkinan Masalah yang Timbul

Meskipun tips menghubungkan perangkat Android ke jaringan internet menggunakan kabel Lan atau ethernet cukup mudah, ternyata tidak luput juga dari beberapa masalah yang mungkin timbul sehingga koneksi tidak berjalan dengan mulus. Ada beberapa opsi yang patut dicoba untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Mengatur agar perangkat android ke mode pesawat menjadi opsi pertama yang bisa dicoba jika timbul problem koneksi, lakukan beberapa kali perpindahan ke mode pesawat dan lihat apakah ikon ethernet muncul di pojok kanan atas atau tidak.

Cara lainnya adalah dengan memastikan driver-driver mendasar tetap ada di perangkat android karena jika driver-driver utama yang dibutuhkan oleh android tidak ada tentu akan sangat berpengaruh terhadap kondisi koneksi. Jika tidak tahu atau lupa apakah melakukan uninstall driver, maka lakukan proses factory reset.

Terkoneksi ke jaringan kabel ethernet dari pernagkat android merupakan solusi yang jitu jika anda ingin mendapatkan kecepatan yang cukup stabil dan cepat, juga sebagai alternatif solusi saat jaringan Wi-Fi tidak ada yang bisa digunakan di sekitar anda.

Cara Menghubungkan Android ke Jaringan LAN |Edwin Geral |4.5 | dibaca 123 kali