Cara Mengembalikan Cross A27 ke Stock ROM Android Jellybean 4.1.2

perintahdasar.com – Phablet Cross A27 merupakan perangkat android lokal yang cukup digemari, selain harga yang cukup terjangkau juga banyak tersedia custom ROM yang bisa memberikan suasana baru menggunakan ponsel ini. Namun meskipun demikian, menggunakan stock ROM terkadang menjadi sebuah keinginan tersendiri seperti yang penulis rasakan saat menggunakan ponsel Redmi 2. Setelah bermain-main dengan custom ROM, akhirnya kembali ke stock ROM.

Demikian juga dengan Cross A27, jika sudah merasa bosan maka kita bisa kembali menggunakan ROM bawaan Cross A27 yang kali ini penulis mendapatkan untuk Android versi Jellybean 4.1.2. Berdasarkan informasi dari stock ROM ini, ROM telah di deodex yang memberikan kita kemampuan untuk melakukan modifikasi tampilannya. Jadi dengan stock ROM ini, tidak perlu dilakukan proses deodex lagi karena secara default sudah dilakukan.
Cross A27
Stock ROM Android Jellybean 4.1.2 untuk Cross A27 ini cukup ringan karena beberapa aplikasi berat dan terkadang menyebalkan seperti Google+, Facebook, Twitter dan lain-lain telah dihapus sehingga memberikan system ruang yang cukup lega dan bis amenghemat penggunaan RAM Cross A27. Hal ini sangat berguna karena toh nantinya aplikasi-aplikasi ini harus di update ke versi terbarunya. Jadi, jika dirasa perlu, maka cukup ke Google Play store untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Kelebihan stock ROM Cross A27 versi Android 4.1.2 Jellybean ini adalah sudah pre-rooted yang artinya secara default sudah siap digunakan dalam kondisi root, tidak perlu lagi ada langkah tambahan untuk melakukan proses rooting di Cross A27. Yang perlu dilakukan jika ingin mendapatkan akses root adalah dengan mengaktifkan script init.d yang sudah tersedia di stock ROM ini. Juga tidak ketinggalan, adanya beberapa tweak yang diharapkan mampu mendongkrak performa dari Cross A27.

Namun perlu diingat, untuk menginstall stock ROM Android 4.1.2 Jelly Bean di Cross A27 diperlukan adanya CWM Recovery yang sudah terinstall.

Cara Mudah Install Stock ROM Android 4.1.2 Jellybean di Cross A27

Berikut adalah tutorial bagaimana cara melakukan flash stock ROM Android 4.1.2 Jellybean di Cross A27

  1. Download file Stock ROM Cross A27 lalu copy-kan ke SDcard Cross A27
  2. Masuk ke menu CWM Recovery Cross A27 dengan cara mematikan phablet Cross A27 kemudian tekan tombol Volume UP (memperbesar suara) kemudian tekan juga tombol POWER, lalu tahan sesaat sekitar 5-10 detik kemudian lepaskan kedua tombol tersebut. Ponsel akan masuk ke Boot Mode, kemudian pilih Recovery dengan menggunakan tombol Volume Down.
  3. Pilih Wipe Data/Factory Reset kemudian Yes – delete all user data
  4. Pilih Wipe Cache Partition kemudian Yes – Wipe Cache
  5. Pilih Install Zip from sdcard, lalu pilih choose zip from sdcard
  6. Arahkan ke file stock ROM yang sudah diunduh tadi, kemudian tunggu hingga proses flashing sukses.

Kemudian pilih pilihan Reboot System Now, kini Cross A27 sudah menggunakan stock ROM versi Android 4.1.2 Jellybean yang sudah di deodex. Sebagai catatan, stock ROM ini menggunakan versi Kernel bulan Juni, maka jika ponsel Cross A27 tidak bisa booting berarti versi kernel yang ada di ponsel tersebut menggunakan versi kernel selain bulan juni. Untuk itu perlu diperhatikan kembali kondisi kernel Cross A27 yang akan diflash ke stock ROM Android 4.1.2 Jellybean deodex.

Cara Mengembalikan Cross A27 ke Stock ROM Android Jellybean 4.1.2 |Henry |4.5 | dibaca 14,309 kali

Leave a Reply