Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2

perintahdasar.com – Ponsel Redmi 2 merupakan ponsel yang sangat popular di kalangan pengguna android dikarenakan harga dan performanya, dimana harganya cukup terjangkau dengan performa di atas rata-rata. Dan hal ini kemudian ditindaklanjuti oleh Xiaomi dengan merilis versi Redmi 2 Prime atau Enhanced dimana RAM menjadi 1GB dengan internal storage menjadi 16GB. Namun saat kali pertama dirilis, ponsel Redmi 2 Prime belum secara resmi masuk ke Indonesia sehingga banyak yang membelinya dari importir tunggal yang mana Redmi 2 yang hadir di Indonesia merupakan versi China sehingga saat digunakan dan mendapatkan update banyak yang mengeluh masalah No Network Signal atau Sinyal Hilang di ponsel Redmi 2 Prime ini.

Ponsel Redmi Enhanced atau Prime edisi China memiliki kode hardware HM2014813 yang artinya dibutuhkan ROM yang tepat untuk versi ponsel Redmi 2 ini terutama jika ingin menggunakan custom ROM yang banyak beredar di Internet. Kesalahan penggunaan ROM saat flashing ke ponsel akhirnya berujung pada hilangnya sinyal operator di ponsel yang akhirnya membuat frustasi karena ponsel tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Untuk itu diperlukan suatu cara untuk mengatasi sinyal hilang di ponsel dan dalam tutorial kali ini, penulis mencoba untuk berbagi cara singkat dan mudah mengatasi sinyal hilang di Redmi 2. Sekali lagi, tutorial ini hanya berlaku untuk ponsel Redmi 2 enhanced atau prime versi China meskipun tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk versi Redmi 2 lainnya.

Cara Mudah Mengatasi Masalah “No Network Signal” pada Redmi 2

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatasi sinyal hilang di Redmi 2 dengan menggunakan tool MIUI ROM Flashing dan file Modem Xiaomi Redmi 2 HM2014813.
Langkah 1 – Pastikan tool MIUI ROM Flashing sudah terinstall di PC atau laptop, jika belum ada segera download dari link berikut ini.
Langkah 2 – Download file modem Redmi 2 HM2014813.
Langkah 3 – Matikan ponsel untuk masuk ke mode Fastboot dengan cara mematikan ponsel kemudian tekan tombol Volume Down dan tombol power secara bersamaan kemudia lepaskan saat ponsel bergetar. Ponsel kini berada di posisi fastboot dengan ditandai adanya logo MIUI fastboot di layar ponsel dengan warna dominan hijau.
Langkah 4 – Hubungkan ponsel dalam kondisi fastboot ke PC menggunakan kabel microUSB yang ada, disarankan menggunakan kabel microUSB yang disertakan dalam pembelian ponsel Redmi 2.
Langkah 5 – Copy-kan file modem yang telah didownload di Langkah 2 ke folder  tool MIUI ROM Flashing di C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone\Google\Android untuk versi Windows 7 64-bit sedangkan untuk Windows 7 32 bit berada di folder C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Google\Android.
Langkah 6 – Ketika di posisi folder MIUI ROM Flashing tool seperti di langkah 5, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard kemudian klik kanan di folder android lalu pilih “Open command window here”, Hal ini akan membuka terminal command window yang akan digunakan untuk mengetikkan perintah fastboot  ke ponsel Redmi 2.
Langkah 7 – Ketika perintah fastboot berikut tanpa tanda kutip “fastboot flash modem NON-HLOS.bin” lalu tekan enter untuk memulai proses flashing ke ponsel seperti gambar screenshoot di bawah ini. Kemudian setelah selesai proses flashing, ponsel akan dengan sendirinya melakukan reboot.
Redmi 2 Flash Modem

Setelah proses reboot selesai, maka kamu akan melihat posisi sinyal operator telah kembali. Kini pastikan SIM card operator mana yang akan digunakan sebagai akses data dengan memastikan settingan APN-nya tepat. Jika perlu gunakan SIM Card kamu dengan SIM Card yang sudah support jaringan 4G LTE dengan cara menukarkannya secara gratis di galeri atau grapari operator yang kamu gunakan, tetapi perlu diketahui jaringan 4G LTE akan memakan kuota data yang kita punya semakin banyak karena kita akan terlena dengan kecepatan 4G yang cepat sehingga mendorong kita untuk menggunakan akses data semakin banyak.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi 2 |Henry |4.5 | dibaca 330,457 kali

Leave a Reply