Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect di Windows 10

Modem Tidak Bisa Konek di Windows 10 – Terhubung ke internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang sehingga perangkat apapun yang digunakan harus mendukung hal ini, termasuk juga pada sistem operasi Windows 10 dari Microsoft. Namun terkadang update yang terdapat di setiap versi build Windows 10 terkadang membawa masalah tersendiri, seperti perlunya mengatasi modem tidak bisa terkoneksi di windows 10, meskipun dalam kejadian aktualnya hal ini jarang sekali terjadi. Tetapi meskipun demikian tidak ada jaminan jika setiap update yang Anda terima di Windows 10 akan benar-benar terbebas dari bug, hal ini juga yang menyebabkan raksasa Software dari Richmond, Amerika ini selalu memberikan update bagi para pengguna Windows 10.

Dan kejadian dimana modem tidak bisa konek di Windows 10 akhirnya terjadi pada update Windows 10 Creator beberapa waktu yang lalu, bug ini berhubungan dengan konektifitas dialup yang menyebabkan modem USB eksternal tidak dapat terkoneksi ke Internet. Dan tentu pengalaman ini menjadi hal yang menjengkelkan terlebih jika hal ini terjadi pada Anda yang tidak mempunyai koneksi alternatif melalui WiFi atau jaringan kabel LAN.

Error peringatan 633 merupakan bug yang diakibatkan oleh update Windows 10 dimana saat Anda mencoba mengkoneksikan modem, maka jaringan internet akan otomatis diskonek dengan sendirinya. Masalah koneksi dialup modem yang tidak bisa konek ke internet ini sebenarnya hanya terjadi pada modem yang menggunakan mode RAS, sementara bila pada settingan modem yang menggunakan mode NDIS, kejadian ini tidak muncul dan tidak ada masalah.

mengatasi modem tidak bisa connect di windows 10

Akan tetapi tidak semua modem mendukung mode NDIS, sehingga diperlukan perubahan setting bagi pengguna Windows 10 dengan modem yang hanya mendukung mode RAS. Berikut adalah langkah-langkah sederhana guna mengatasi masalah modem tidak bisa konek di Windows 10.

Mengatasi modem tidak bisa connect di windows 10

Untuk menyelesaikan masalah tidak bisa terkoneksinya modem dial-up ke Internet di Windows 10, maka diperlukan beberapa tweak atau modifikasi registry Windows sebagai berikut:

1. Buka Windows RUN (tekan tombol kombinasi “Windows + R” di keyboard), lalu ketik “regedit” untuk membuka registry.
2. Di registry, navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\RasMan


3. Rubah key value bernama RequiredPrivileges dengan cara men-double klik untuk mengeditnya
4. Kemudian pada halaman edit string, tambahkan value SeLoadDriverPrivilege kemudian simpan teks tambahan di paling bawah
Modem Tidak Bisa Konek di Windows 10
5. Kini klik Ok untuk memastikan perubahan yang dilakukan di atas akan disimpan (klik ok jika muncul peringantan)
6. Lakukan proses Restart PC atau Laptop guna memastikan settingan registry di atas berlaku, kini coba kembali untuk mengkoneksikan modem untuk mengetahui hasilnya.

Jika langkah pengeditan registry di atas dilakukan dengan benar, maka modem dial-up dapat dipastikan bisa terkoneksi kembali ke Internet. Jika masalah modem tidak bisa konek ke Windows 10 masih terjadi, maka perhatikan kembali langkah-langkah pengeditan registry di atas, perhatikan juga gambar yang disertakan untuk memastikan registry di Windows 10 yang Anda gunakan sudah menggunakan value atau nilai yang disarankan di tutorial di atas.

Windows 10 sebagai sistem operasi terbaru dari Microsoft merupakan sistem operasi yang cocok kami gunakan setelah Windows 7. Karena banyaknya fitur dan perbaikan bug yang akhirnya membuat Windows 10 menjadi pilihan terbaik untuk upgrade pengguna Windows 7 meskipun masih ada beberapa bug yang perlu diatasi oleh tim developernya seperti masalah yang berkaitan dengan konektifitas internet setelah update yaitu Wireless Driver (WiFi) yang tidak langsung terdeteksi, dan tentunya hal ini perlu diatasi dengan segera seperti apa yang kita lakukan dengan modem di atas yaitu dengan mengatasi modem tidak bisa connect di windows 10.

Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect di Windows 10 |Wildan |4.5 | dibaca 714 kali