Cara Mengatasi Baterai Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 yang Tidak Bisa Dicharge

Mengatasi Baterai Smartphone tidak mau dicharge – Smartphone Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 merupakan salah satu tipe ponsel pintar dari Xiaomi yang paling sukses di kelas menengah. Kedua ponsel ini memiliki basis fans yang cukup banyak dan tentunya secara angka penjualan lebih menonjol dibandingkan tipe smartphone dengan MIUI 8 lainnya.

Redmi Note3 kali pertama dirilis pada akhir tahun 2016 sedangkan suksesornya yaitu Redmi Note menyusul dilempar ke publik pada tahun ini. Namun banyak pemilik kedua smartphone ini yang melaporkan adanya masalah pada saat mengisi daya baterai. Mereka kini tidak bisa men-charge kedua smartphone tersebut.

Solusi untuk mengatasi baterai smartphone yang tidak mau dicharge seperti yang terjadi di ponsel Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 merupakan hal yang sering terjadi dibeberapa tipe dan merk smartphone android. Faktor penyebabnya cukup beragam, bisa dikarenakan kerusakan hardware atau juga perlunya upgrade ke firmware resmi. Untuk itu mari kita simak 4 tips cara mengatasi baterai smartphone Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 yang tidak mau dicharge, solusi ini juga bisa diterapkan ke tipe dan merk ponsel android lainnya.

Mengatasi Masalah Charging di Smartphone Redmi Note 3 dan Redmi Note 4

Seperti disebutkan di atas, banyak faktor yang memicu masalah charging pada Redmi Note 3 dan Redmi Note 4, semoga solusi di bawah ini dapat mengatasi masalah tersebut.

1. Reset Smartphone ke Settingan Pabrik
Reset smartphone ke factory setting sering menjadi solusi yang ampuh saat kita menemui berbagai masalah di ponsel android. Termasuk untuk masalah tidak mau dicharge-nya smartphone Redmi Note 3 dan Redmi Note 4. Dengan kembali ke settingan pabrik, maka semua aplikasi yang ter-install termasuk aplikasi yang menguras baterai akan terhapus. Selain menyelesaikan problem charging, factory reset juga dapat digunakan untuk mengatasi problem smartphone lainnya seperti masalah overheat, problem jaringan WiFi maupun jaringan operator termasuk konektivitas LTE 4G, ponsel lemot dan banyak lainnya.

Untuk melakukan factory reset di Redmi Note 3/4 ternyata cukup mudah, caranya sebagai berikut, matikan ponsel kemudian masuk ke menu recovery Mi dengan menekan dan menahan tombol Volume Up + tombol Power secara bersamaan. Dari menu utama, pilih Wipe & Reset > Wipe All Data kemudian di-confirm. Kini smartphone akan memulai proses factory setting.

2. Install Aplikasi Penghemat Baterai
Terkadang apa yang kita anggap sebagai smartphone tidak bisa dicharge itu dikarenakan proses charging yang sangat lambat atau bahkan memang sama sekali tidak bisa dicharge. Hal ini bukan berarti charger atau baterai smartphone yang kamu punya sudah rusak. Untuk memastikan hal ini, maka sebaiknya menginstall aplikasi penghemat baterai untuk memastikan problem yang ada itu ditimbulkan oleh hardware atau bukan atau bisa juga menggunakan kode rahasia untuk mengecheck kondisi baterai ponsel android.

3. Flash ke Custom ROM atau Stock ROM
Jika solusi factory reset dan aplikasi penghemat baterai masih tidak bisa menyelesaikan masalah charging, solusi berikutnya yang patut dicoba adalah melakukan flash ROM ke versi custom ROM atau stock ROM. Hanya saja disarankan untuk menggunakan stock ROM, karena jika ingin menggunakan custom ROM agak sedikit repot terlebih jika ingin dilakukan pada ponsel Xiaomi generasi terbaru.

Lakukan flashing ROM dengan metode fastboot menggunakan stock ROM versi Global. Hal ini sangat perlu dilakukan karena sering penulis temui ponsel Xiaomi yang beredar di sini menggunakan ROM distributor yang mempunyai banyak bug, iklan dan lemot. Hal ini bisa saja terjadi di ponsel Redmi Note 3 dan Redmi Note 4, maka pastikan ROM yang terinstall adalah versi ROM yang resmi dari Xiaomi.

4. Service Center Xiaomi
Jika ketiga solusi di atas masih tidak mampu menyelesaikan masalah baterai smartphone Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 yang tidak mau dicharge, maka jalan terakhir adalah dengan mengunjungi service center Xiaomi terdekat. Biasanya mereka akan mengganti paling minimal itu adalah port USB yang digunakan sebagai jalur untuk melakukan charging ke baterai. Jika smartphone masih dalam jangka waktu garansi, gunakan hal ini sebaik mungkin untuk mendapatkan layanan gratis dari mereka.
Jika smartphone yang kamu punya tidak memiliki garansi atau hanya sekedar garansi toko, maka kunjungi pusat layanan perbaikan smartphone yang terpercaya di kotamu.

Smartphone yang tidak mau dicharge, setelah solusi software dan firmware tidak bisa menyelesaikannya harus dilakukan solusi secara hardware. Biasanya port USB yang ada di smartphone menjadi salah satu faktor utama penyebab masalah ini. Port USB tersebut bisa jadi sudah patah, terkelupas bagian logamnya atau adanya koneksi yang tidak sempurna ke motherboard.

Cara Mengatasi Baterai Redmi Note 3 dan Redmi Note 4 yang Tidak Bisa Dicharge |Wildan |4.5 | dibaca 302 kali