Cara Memperbaiki Speaker Redmi 4 Prime

Memperbaiki Speaker Redmi 4 Prime – Smartphone kini menjadi sebuah benda wajib yang harus dibawa kapanpun termasuk sebagai perangkat sound system dimana banyak ponsel pintar yang dilengkapi dengan sistem suara yang cukup mumpuni. Speaker pada smartphone tergolong cukup kecil dan ringkas karena keterbatasan ruang yang harus digunakan di bodi smartphone. Namun hal ini bukan berarti speaker di ponsel pintar menjadi hal yang remeh. Contohnya saat speaker di smartphone Redmi 4 Prime bermasalah, harus ada cara untuk memperbaikinya.

Problem speaker di redmi 4 Prime terjadi saat memutar musik dan HP tersebut dalam posisi terkunci atau lock. Saat posisi demikian, sering terdengar keluhan dari para pengguna smartphone ini karena suara yang keluar dari speaker Redmi 4 Prime terdengar kresek-kresek, kemresek, patah patah, dan melambat.

Pada awalnya hal ini disangka hardware speaker Redmi 4 Prime yang kurang bagus atau bermasalah. Tetapi setelah diselidiki lebih lanjut, masalah spekaer kemresek di Redmi 4 Prime lebih dikarenakan adanya bug yang muncul di firmware yang digunakan oleh ponsel keluaran Xiaomi tersebut. Tentunya hal ini cukup melegakan karena jika hardware yang bermasalah, maka ongkos untuk perbaikannya akan lebih besar.

Cara Mengatasi Speaker Redmi 4 Prime yang Kemresek

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah speaker di smartphone Redmi 4 Prime yang kemresek tersebut?, caranya cukup mudah yaitu dengan melakukan patching konfigurasi audio dengan file Audio_effects.config agar hasil suara dari speaker menjadi jernih kembali. Mari kita simak caranya sebagai berikut:

Sebelum melakukan patching suara speaker, pastikan hal-hal berikut dibawah ini dipenuhi terlebih dahulu, yaitu:
1. Pastikan smartphone Redmi 4 Prime sudah Root.
2. Download SoundFX di link ini atau mirror link ini.
3. Download Audio_effects.config di link ini atau mirror link ini.
4. Download Root Explorer di Play Store atau bisa juga menggunakan File manager lain yang bisa mengakses Root.

Sekarang kita lanjutkan dengan tips cara memperbaiki speaker Redmi 4 Prime agar jernih kembali.

Langkah 1. Lakukan Backup Folder SoundFX terlebih dahulu yang berlokasi di folder “/system/lib”, Copy-kan folder SoundFX dan pindahkan ke tempat yang aman atau ke lokasi backup yang diinginkan. Untuk bisa mengakses folder tersebut, maka gunakan Root explorer atau aplikasi sejenis lainnya yang bisa dipakai.
Langkah 2. Lakukan juga backup file Audio_effects.config yang ada di folder “/system/etc”. Kemudian ubah hak permissionnya dari Mount R/O menjadi R/W menggunakan aplikasi Root explorer atau yang sejenis.
Langkah 3. Setelah proses backup selesai, maka kini hapus folder SoundFX pada folder “/system/lib” dan File Audio_effects.config pada direktori “/system/etc”.
Langkah 4. Ekstrat file SoundFX yang tadi didownload, kemudian copy-kan folder hasil ekstrak tersebut ke direktori “/system/lib”.
Langkah 5. Dengan menggunakan Root Explorer, ubah permission folder SoundFX menjadi rwxr-xr-x
Langkah 6. Kini masuk ke folder SoundFX untuk mengubah permission semua file yang ada di dalamnya menjadi rw-r–r–
Langkah 7. Kini dilanjutkan dengan meng-copy-kan file audio_effects.config yang sudah didownload ke direktory “/system/etc” yang ada di ponsel
Langkah 8. Kini ubah permission audio_effects.config menjadi rw-r–r–
Langkah 9. Kini hapus file audio_effects.config yang ada di direktori “/system/vendor/etc”. Juga hapus folder SoundFX yang ada di direktori “/system/vendor/lib”.
Langkah 10. Kini proses copy dan paste sudah selesai, untuk mengkonfirmasi agar file konfigurasi yang kita ubah di atas dapat digunakan oleh Redmi 4 prime, maka ponsel harus direboot terlebih dahulu.

Setelah proses reboot selesai maka speaker Redmi 4 Prime akan bersuara jernih kembali tanpa kresek-kresek. Dari tutorial singkat cara memperbaiki suara speaker Redmi 4 Prime di atas, maka kita bisa menarik pelajaran bahwa tidak semua problem dikarenakan hardware ponsel tersebut. Untuk itu kita harus bersabar untuk mencoba melakukan proses update firmware, baik melalui proses flash fastboot, flash ROM recovery, dan yang termudah adalah dengan patching file konfigurasi seperti masalah speaker ini.

Cara Memperbaiki Speaker Redmi 4 Prime |Wildan |4.5 | dibaca 1,510 kali