Cara Memperbaiki Problem NVRAM WARNING: Err=0x10 pada Redmi Note 3

NVRAM Redmi Note 3 – Pada perangkat ponsel android berbasis processor Mediatek seperti yang digunakan pada Redmi Note 3 dengan Mediatek MT6795 Helio X10 terkadang muncul masalah WiFi dimana terdapat SSID dengan nama NVRAM WARNING: Err=0x10 pada menu Wifi Settings. Hal ini biasanya terjadi ketika kita salah melakukan flashing atau melakukan proses root.

Error NVRAM WARNING: Err=0x10 tidak mempengaruhi performa atau kinerja dari ponsel Redmi Note 3 khususnya bagian WiFi hanya saja akan sedikit mengganggu saat kita mengakses menu setting WiFi dan untungnya hal ini dengan mudah diselesaikan secara permanen.

Cara Mudah Memperbaiki Masalah NVRAM WARNING di Redmi Note 3

Berikut adalah cara mudah memperbaiki masalah NVRAM WARNING: Err=0x10 pada Redmi Note 3 secara permanen.

Langkah 1. Download program Mediatek SN Writer untuk Redmi Note 3 dari link download berikut, kemudian buka program tersebut, saat program dijalankan maka akan menanyakan driver yang dibutuhkan. Silakan ikuti wizard atau instruksi yang muncul di layar PC atau laptop, pastikan untuk memilih “Install this Driver Software Anyway” saat pop-up window muncul di layar, hal ini akan muncul beberapa kali karena akan melakukan instalasi beberapa driver yang dibutuhkan.

Mediatek SN Writer

Langkah 2. Saat Proses Instalasi program Mediatek SN Writer selesai, kita akan diminta untuk melakukan restart PC atau laptop. Lakukan restart, kemudian setelah selesai segera buka kembali program Mediatek SN Writer lalu klik tombol ‘System Config’ . Pastikan kotak opsi di bagian ‘Wifi Address’ dicentang atau dichecked lalu klik tombol ‘Save’ untuk kontinyu. Sedangkan di ponsel Redmi Note 3, masuk ke menu ‘Settings’ > ‘Wi-Fi’ dan pastikan Wi-Fi dinyalakan. Lalu masuk ke menu ‘Advanced settings’ lalu cari informasi ‘Mac address’ yang tertera di layar.

Mediatek-Config-WiFi-Writer

Mediatek-MAC-Address-Writer

Langkah 3. Kini tekan tombol ‘Start’ di program MediaTek SN Writer dan masukkan info MAC Address yang sudah didapatkan di langkah 2 pada kotak menu ‘WifiAddr’ yang muncul di layar lalu klik ‘OK’ untuk memulai penulisan MAC address ke NVRAM.

Mediatek-Wifi-Addr-Writer

Mediatek-Wifi-Addr-Writer-Process

Langkah 4. Dalam kondisi ponsel Redmi Note 3 OFF, tekan dan tahan tombol Volume Down dan koneksikan kabel microUSB dari ponsel ke laptop atau PC. Tunggu proses penulisan MAC address ke NVRAM selesai hingga muncul pesan ‘PASS’ berwarna hijau di layar program Mediatek SN Writer.

Mediatek-SN-Writer-Pass

Kini pesan error NVRAM WARNING: Err=0x10 pada Redmi Note 3 di menu WiFi sudah terselesaikan secara permanen. Untuk memverifikasinya, silakan masuk ke menu Settings lalu masuk ke menu WiFi dan pastikan SSID dengan nama NVRAM WARNING: Err=0x10 tidak terlihat di layar ponsel Redmi Note 3.

Cara Memperbaiki Problem NVRAM WARNING: Err=0x10 pada Redmi Note 3 |Henry |4.5 | dibaca 11,166 kali