4 Tips Cara Memperbaiki MicroSD yang Mendadak Rusak

Smartphone Android tidak bisa dilepaskan begitu saja dari yang namanya microSD. MicroSD adalah kartu memori eksternal yang sering digunakan oleh banyak pengguna perangkat smartphone untuk menyimpan dokumen dan data di luar kapasitas storage internal. Kapasitas microSD cukup beragam, dari yang paling kecil sekitar 2GB hingga yang paling besar berkapasitas 512GB. Namun bagaimana jika kartu microSD tiba-tiba rusak?, Jangan panic, dengan 4 tips di bawah ini Anda dapat memperbaiki microSD yang mendadak rusak.

Ini Cara Mudah Memperbaiki MicroSD yang Mendadak Rusak

MicroSD sangat berguna untuk mensiasati kecilnya kapasitas internal storage dan menekan harga smartphone. Biasanya, MicroSD digunakan pada kelas smartphone level menengah ke bawah sedangkan untuk smartphone android flagship sudah mulai menghilangkan slot microSD dan menggantinya dengan kapasitas internal storage yang cukup besar minimal 32GB.

Hanya saja microSD masih jamak terlihat digunakan dan menjadi kartu memori yang popular digunakan karena praktis dan harganya yang cukup murah. Tetapi seringkali microSD gagal membaca dokumen yan hendak disimpan. Kegagalan fungsi ini atau sering disebut juga dengan “damage” menyebabkan data yang tersimpan corrupt dan tidak bisa dibaca kembali oleh smartphone. Kondisi seperti ini bisa dikatakan rusak, hanya saja bagaimana jika ada data yang sangat penting di dalamnya?.

Kali pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panic. Jangan lakukan format begitu saja baik di PC atau laptop dan smartphone jika merasa di microSD tersebut ada data yang penting. MicroSD yang dianggap “rusak” tersebut bukan berarti sudah tidak bisa digunakan lagi. Berikut adalah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat microSD Anda bisa digunakan kembali.

Tips Memperbaiki MicroSD yang Mendadak Rusak

1. Bersihkan MicroSD

Kondisi microSD yang terlalu lama berada di dalam smartphone berpotensi menjadi kotor dan hal ini bisa mengakibatkan gagal baca. Untuk itu hal pertama yang harus dilakukan saat mengetahui microSD tak lagi bisa digunakan adalah mengeluarkannya dari smartphone untuk dibersihkan. Pastikan smartphone sudah dimatikan terlebih dahulu.

Kini bersihkan lempengan tembaga di bagian atas microSD dengan penghapus pensil berwarna putih. Lempengan ini bertugas sebagai interface untuk bisa dibaca oleh smartphone atau perangkat elektronik lainnya yang menggunakan kartu memori microSD sebagai penambah kapasitas internal storage.

Membersihkan lempengan slot tembaga microSD bisa juga dilakukan dengan menggunakan kain bermaterial microfiber, caranya dengan mengusap lempengan tembaga secara perlahan hingga bersih. Jika microSD sudah dirasa bersih, kini coba kembali masukkan microSD ke dalam smartphone dan cek dengan teliti apakah sudah bisa terbaca atau belum.

2. Format Ulang

Langkah format ulang adalah langkah terakhir jika microSD sudah benar-benar tidak bisa lagi dibaca datanya. Opsi ini akan menghilangkan semua data di microSD dan pastikan hal ini menjadi tindakan Anda yang tidak disesali. Cara melakukan format ulang dari smartphone dengan memastikan microSD telah masuk ke slot microSD yang tersedia di smartphone. Lakukan proses memasukkan kartu microSD dalam konsisi smartphone dimatikan. Dan kini masuk ke menu Settings -> Storage. Kini saat ada di dalam menu, pilih opsi Erase SD Card. Dengan begitu, microSD akan terformat ulang secara otomatis.

3. Lakukan Pengecekan dari PC atau Laptop

Jika kartu microSD tidak terbaca di smartphone, maka lakukan cara alternative lainnya yaitu dengan melakukan pengecekan menggunakan PC atau laptop. Caranya dengan menghubungkan smartphone ke PC atau laptop dengan kabel data. Setelah itu, pastikan smartphone terhubung dalam modus Mass Storage Mode (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP).

Kini buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, lalu pilih Properties -> Tools -> Error Checking. Kemudian, tunggu proses pengecekan hingga selesai. Setelah proses rampung, eject kartu memori dan pastikan apakah sudah terbaca atau belum.

Atau juga bisa menggunakan pembaca kartu atau Card Reader yang terhubung ke slot USB pada PC atau laptop. Dan lakukan proses pengecekan error seperti di atas. Semoga saja data yang tersimpan di dalam microSD bisa terbaca kembali, jika hal ini terjadi maka segera lakukan proses backup dengan mentransfer semua file penting yang ada di dalam microSD ke PC atau laptop.

4. Format Menggunakan Laptop atau PC

Cara terakhir ini dilakukan jika mengalami kejadian saat microSD terbaca di komputer atau laptop, tetapi di smartphone malah sebaliknya. Untuk itu lakukan format ulang microSD menggunakan PC atau laptop. Caranya cukup mudah, tetapi sebelumnya lakukan proses backup dokumen dari microSD ke folder yang ada di Harddisk.

Gunakan nama folder yang unik agar mudah diingat karena folder baru tersebut akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi microSD yang rusak. Setelah dibuat, pindahkan dokumen dari microSD ke folder baru hard disk. Kini setelah semua dokumen sudah tersalin ke hard disk, segera format ulang microSD dari PC. Setelah diformat ulang, kembalikan dokumen yang ada di folder hard disk ke microSD yang sudah diformat ulang.

Cara atau tips memperbaiki microSD yang mendadak rusak di atas harus dilakukan dengan hati-hati jika menyangkut adanya data penting di dalam microSD. Tetapi jika data di dalam microSD tidak terlalu penting karena sudah adanya backup, maka lakukan saja dengan segera tips perbaikan microSD di atas agar microSD bisa digunakan kembali.

Satu lagi, jika data yang ada di smartphone sangatlah penting. Lakukan juga proses backup ke cloud yang bisa dilakukan secara otomatis dari sebuah aplikasi, dan gunakan microSD yang baik serta asli dengan kecepatan read dan write yang bagus. Atau mulailah menabung untuk membeli smartphone dengan kapasitas internal storage yang cukup besar guna menghindari efek kehilangan data akibat rusaknya microSD.

4 Tips Cara Memperbaiki MicroSD yang Mendadak Rusak |Edwin Geral |4.5 | dibaca 109 kali