Cara Melakukan Wireless Charging pada Xiaomi Mi4

perintahdasar.com – Wireless charging atau juga dikenal sebagai charging induksi menggunakan induksi near-field dimana digunakannya medan elektromagnet untuk mentransfer energi ke perangkat elektronik. Energi yang terkirim menggunakan semacam kopling induksi ke perangkat elektronik yang akhirnya energy tersebut bisa digunakan untuk melakukan charging ke baterai guna keperluan perangkat ponsel android.

Namun sampai sekarang ini Xiaomi belum merilis satupun ponsel yang memiliki fitur wireless charging, hanya saja hal ini tidak menyurutkan pengguna Mi4 untuk melakukan hacking pada ponsel tersebut untuk bisa melakukan wireless charging.

Ponsel Mi4 menggunakan non-removable battery yang artinya perlu usaha ekstra untuk melepas back cover perangkat tersebut sebelum melakukan penanaman kumparan elektromagnet yang nantinya dijadikan pengantar untuk melakukan charging melalui metode induksi.

Xiaomi Mi4

Hanya saja, hal ini tidak disarankan terlebih bagi pengguna awam. Perlu kemampuan menyolder yang baik juga paham system elektronika dasar selain mengorbankan ponsel Mi4 untuk dibongkar sebagai bagian dari aktivitas melakukan wireless charging pada ponselXiaomi Mi4.

Untuk melakukan wireless charging di Mi4, perlu dipersiapkan beberapa bahan dan alat seperti, Qi charge, standard charging coil yang akan ditanamkan ke Mi4, solder, timah solder, multimeter, stiker anti panas, dan obeng.

Sekali lagi proses modifikasi Mi4 tidak disarankan untuk pengguna awam, meskipun demikian jika ada yang ingin memodifikasi Mi4 untuk bisa melakukan wireless charging bisa merujuk pada situs ini. Di situs tersebut dijelaskan secara langkah demi langkah bagaimana melakukan modifikasi wireless charing di Mi4.

Tentunya modifikasi ini bisa dilakukan juga pada perangkat ponsel Xiaomi yang non-removable lainnya seperti Mi4i yang menjadi ponsel andalan terbaru perusahaan ponsel nomer wahid di China tersebut.

source

Cara Melakukan Wireless Charging pada Xiaomi Mi4 |Henry |4.5 | dibaca 14,791 kali

Leave a Reply