Cara Melacak Nomer IMEI Ponsel Android yang Hilang atau Dicuri

Melacak Nomer IMEI Android – Setiap ponsel memiliki nomer identifikasi unik yang dinamakan IMEI, IMEI sendiri merupakan singkatan dari “International Mobile Station Equipment Identity”. Nomer unik ini dapat digunakan untuk mendapatkan informasi penting dari sebuah ponsel seperti orisinalitas atau keaslian ponsel, vendor pembuat ponsel, nomer model, dan lain sebagainya.

Bagi operator telco, nomer IMEI berguna untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh sebuah ponsel, status dan lokasi ponsel. Pada umumnya nomer IMEI di ponsel dapat dilihat dengan cara menekan tombol *#06# yang ada di keypad dialer. Atau jika di ponsel Android, nomer unik tersebut akan terlihat saat mengakses menu Device Settings > About.

Namun bagaimana jika ponsel atau tablet Android yang kita miliki hilang atau dicuri, tentu dibutuhkan laporan ke pihak yang berwajib seperti Polisi dan operator telco yang kita gunakan. Dengan laporan ini, tentu dibutuhkan nomer IMEI sebagai pelengkap untuk bisa bertindak lebih lanjut. Dengan nomer IMEI, operator tidak hanya bisa melakukan pelacakan juga bisa mematikan layanan atau service yang ada di ponsel dan memasukkannya ke dalam daftar hitam.

Untungnya di platform Android, kita dapat menemukan nomer IMEI dari Dashboard Google. Dashboard Google adalah lokasi dimana Google menampilkan banyak data kita diantara berbagai layanan Google yang ada. Kita bisa melihat, meng-edit atau menghapusnya langsung dari tempat tersebut. Jika kita login ke perangkat android menggunakan akun Google, perangkat akan terdaftar di kolom “Android” dari halaman dashboard Google termasuk ponsel yang sudah tidak terkoneksi ataupun offline dalam waktu yang lama, seluruh informasi perangkat android akan tetap terlihat di sana.

Lalu apa saja informasi yang kita dapatkan di Google Dashboard?, berikut adalah informasi diantaranya:

IMEI
Model Name
Manufacturer
Carrier
Time of last activity
Registered date (sign in date of Google account to the device)
Backup data saved per app

Cara Mendapatkan Nomer IMEI di Google Dashboard

Mendapatkan Nomer IMEI perangkat android yang terkoneksi ke akun Google cukup mudah karena semua disajikan apa adanya dan terang benderang. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Google Dashboard di link google.com/settings/dashboard kemudian login menggunakan akun Google yang kita gunakan di ponsel.
  2. Masuk ke seksi Android, lalu klik untuk meng-expand semua informasi yang tersembunyi. Di sini akan terlihat berapa banyak perangkat android yang terkoneksi.
  3. Kini terlihat daftar semua perangkat android yang terkoneksi juga informasi detil tiap pernagkat dan data sinkronisasi yang tersimpan.
  4. Perhatikan informasi nomer IMEI, itulah nomer IMEI perangkat android yang kita punya. Gunakan informasi nomer IMEI ini sebagai pelengkap laporan ke pihak yang berwajib.

Alternaif lain mendapatkan nomer IMEI dari ponsel Android yang hilang atau dicuri adalah dengan melihat informasi kotak kemasan ponsel saat kita membelinya (termasuk ponsel iPhone), tapi tentu dengan catatan kotak kemasan tersebut masih tersimpan.

Namun informasi nomer IMEI kurang berguna di negara kita, karena setahu kami, operator telco di sini tidak mau untuk melakukan blacklist terhadap ponsel yang kita laporkan hilang. Tentunya hal ini ada keuntungan dan kerugiannya, sehingga mau tidak mau sekarang banyak yang beralih ke pembuat ponsel apakah menyediakan fasilitas hapus data secara remote atau yang lebih ektrim adalah melakukan lock seperti yang sering kita jumpai pada ponsel iPhone dengan fitur iCloud lock nya.

Meskipun demikian, semoga artikel cara mendapatkan nomer IMEI dari ponsel Android yang hilang atau dicuri ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan nantikan artikel tutorial, tips dan trik android lainnya di sini. Terimakasih.

Cara Melacak Nomer IMEI Ponsel Android yang Hilang atau Dicuri |Henry |4.5 | dibaca 413 kali