Cara Kalibrasi Layar Ponsel iPhone

Kalibrasi layar iPhone – Setelah kita tahu bagaimana cara kalibrasi baterai iPhone yang benar, kini saatnya kita mengetahui teknik kalibrasi layar ponsel iPhone. Kalibrasi layar juga penting karena akan mempengaruhi cara kita berinteraksi dengan ponsel karena keseluruhan interaksi bergantung pada layar ponsel.

Namun untuk melakukan kalibrasi layar iPhone bergantung pada sensor gerak dan seting kecerahan layar.

Kalibrasi Sensor Gerak iPhone

Dekat dengan magnet dapat mempengaruhi sensor gerak iPhone. Ketika hal ini terjadi, maka kita harus melakukan kalibrasi ulang seluruh sensor gerak yang ada termasuk accelerometer, gyro dan magnetometer menggunakan aplikasi bawaan yaitu Compass. Caranya ada sebagai berikut:

Langkah 1. Buka aplikasi Compass pada layar iPhone

Langkah 2. Ikuti perintah yang tampil di layar dengan memiringkan layar iPhone dan menempatkan bola merah mengikuti lingkaran yang terlihat di layar.

Langkah 3. Kemudian letakkan iPhone di permukaan yang datar hingga aplikasi Compass muncul ldi layar. Kini kesemua sensor gerak iPhone telah terkalibrasi.

Seting Kecerahan Layar

Kini kita masuk ke seting kecerahan layar, caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1. Masuk ke menu Settings >> kemudian masuk ke menu Display & Brightness

Langkah 2. Lalu gerakkan slider yang ada di atas layar Display & Brightness dari kiri ke kanan hingga kita mendapatkan level kecerahan yang diinginkan

Langkah 3. Kini aktifkan fitur auto-brightness di menu Display & Brightness untuk membolehkan iPhone menentukan level kecerahan layar yang optimal dari satu lingkungan ke lingkungan yang lainnya. Ketika fitur auto-brightness Off, level kecerahan akan selalu di nilai yang konstan dengan mengacuhkan perubahan lingkungan yang ada.

Pengaturan Sensitivitas

Sepertinya tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengatur level sensitivitas layar iPhone, di sini kita tidak bisa juga melakukan kalibrasi ulang sensitivitas layar. Namun, jika layar iPhone dirasa kurang responsive, silakan dicoba opsi berikut, yaitu dengan melakukan Hard reset iPhone dengan cara menekan dan tahan tombol Home dan Sleep/Wake selama 10 detik.

Namun proses ini akan men-trigger untuk menghapus semua konten dan setingan yang sudah ada. Jika dirasa cara ini masih kurang manjur untuk menyelesaikan masalah layar iPhone yang kurang responsive, maka solusi terakhir adalah dengan membawanya ke service center Apple.

Semoga dengan melakukan kalibrasi ulang layar iPhone dapat menjadi solusi atas kurang responsifnya layar iPhone saat digunakan.

Cara Kalibrasi Layar Ponsel iPhone |Edwin Geral |4.5 | dibaca 2,801 kali