Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Benar

Kalibrasi Baterai iPhone – Berikut adalah cara kalibrasi baterai iPhone yang benar, hal ini perlu dilakukan untuk membuat ponsel iPhone lebih efisien dan memiliki performa yang tinggi. Banyak pengguna ponsel iPhone menginginkan bagaimana melakukan kalibrasi baterai iPhone karena seperti kita ketahui baterai pada ponsel iPhone tidak bisa dilepas pasang seperti pada ponsel Android umumnya.

Kenapa kalibrasi baterai iPhone sangatlah penting?, hal ini untuk memastikan kondisi baterai dan membantu software iOS untuk mengkalkulasi lifetime baterai iPhone. Idealnya, kalibrasi baterai ponsel iPhone dilakukan sekali dalam sebulan dan juga sesaat setelah proses upgrade iOS selesai dilakukan.

Setiap kali kita melihat daya tahan baterai berkurang,meng-kalibrasi baterai sering dapat digunakan untuk mengatasi masalah daya tahan baterai. Teknologi baterai pada dasarnya adalah berkitat soal ion. Secara berkala kita melakukan pengisian atau charging dan pengurasan atau draining akan membuat ion pada baterai selalu bergerak. Kebanyakan baterai berteknologi lithium-ion yang membutuhkan penggunaan secara konstan untuk menjaga performa-nya selalu di atas. Jadi, dengan proses pengisian dan pengurasan setiap sekali sebulan sangatlah direkomendasikan untuk dilakukan.

Software pada ponsel iPhone yang dinamakan iOS akan mengkalkulasi seberapa banyak kapasitas yang tersedia di baterai. Dimana disetiap upgrade iOS selalu ada kemungkinan besar perbaikan fitur manajemen baterai yang tentunya untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel iPhone, jadi sangat disarankan untuk meng-kalibrasi baterai iPhone untuk menjaga kondisinya selalu dalam kondisi yang baik. Lalu bagaimana cara kalibrasi baterai iPhone yang baik dan benar?, berikut adalah caranya:

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Langkah 1. Lakukan Pengurasan Baterai

Lakukan pengurasan baterai secara komplit. Ini adalah tindakan terbaik saat kita tidak menggunakan ponsel iPhone dalam beberapa jam kedepan. Untuk mempercepat pengurasan baterai secara cepat dapat dengan menghidupkan lampu flash ponsel sebagai senter, meningkatkan kecerahan ke posisi maksimal, bermain games. Semua tindakan tersebut pada intinya untuk mengkonsumsi daya baterai secara berlebihan atau dengan kata lain menguras baterai.

Langkah 2. Biarkan Baterai iPhone yang terkuras beberapa waktu

Jika memungkinkan, biarkan baterai yang terkuras dayanya tersebut satu malam. Jangan lakukan charging atau pengisian kembali hingga pagi hari. Namun jika hal ini dirasa memberatkan, silakan untuk men-skip hal tersebut di atas. Saat ponsel iPhone dalam kondisi power down, kita akan melihat kondisinya di posisi 2%. Di kondisi ini, pengisian kembali baterai iPhone diperlukan untuk menghindari kehilangan data saat menghidupkan ponsel.

Langkah 3. Lakukan Proses Charging iPhone

Kini, lakukan pengisian kembali baterai ponsel hingga 100%. Ponsel iPhone secara otomatis akan menyala kembali saat charger dihubungkan ke ponsel. Saat proses start berlangsung, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake lalu geser dengan jarimu ke posisi Off. Kenapa perlu di switch off?, karena iPhone akan melakukan pengisian baterai lebih cepat dibandingkan saat posisi iPhone nyala karena dalam posisi ponsel iPhone mati saat discharge, panas yang dihasilkan hanya sedikit. Tentunya hal ini sangat penting untuk memperpanjang lifetime baterai. Pastikan baterai telah diisi kembali hingga lebih dari 100%, proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam, jadi pastikan tambahkan 2 jam untuk memastikan ponsel iPhone ter-charging lebih dari 100%.

Setelah baterai ponsel iPhone benar-benar terisi penuh, lakukan proses reset. Caranya, dengan menekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan tombol Home secara bersamaan hingga logo Apel muncul di layar. Ponsel akan melakukan proses boot-up dan jangan lupa lepaskan kabel charger dari ponsel iPhone.

Proses kalibrasi baterai iPhone sangat perlu dilakukan untuk memperpanjang ketahanan baterai saat digunakan, dimana software iOS akan mengkalkulasi penggunaan baterai dari waktu ke waktu. Semoga bermanfaat bagi pengguna ponsel iPhone. Lalu bisakah proses kalibrasi tersebut digunakan pada ponsel Android?, sepanjang teknologi baterai yang digunakan adalah sama, maka tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut di atas guna melakukan kalibrasi baterai ponsel Android. Cheers!!.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Benar |Edwin Geral |4.5 | dibaca 1,368 kali