Cara Install TWRP Recovery di Xiaomi Mi Note 2

TWRP recovery Mi Note 2 – Xiaomi secara resmi telah merilis ponsel Mi Note 2 pada akhir tahun lalu dan sejak itu banyak pengguna melaporkan kepuasaan mereka atas ponsel ini. Ponsel Mi Note 2 memiliki layar yang mengagumkan, baterai yang tahan lama, kinerja ponsel yang kencang walaupun masih mempunyai kekurangan yaitu disisi kamera.

Meskipun demikian banyak pengguna Mi Note 2 percaya bahwa hal hal tersebut dikarenakan software kamera yang masih belum stabil alias belum matang sehingga perlu diinstal dengan file mod kamera seperti di Redmi Note 3 yang dipercaya mampu untuk meningkatkan hasil jepretan kamera Mi Note 2. Tetapi untuk melakukan hal ini, ponsel Mi Note 2 harus terpasang custom recovery seperti TWRP karena nantinya file mod kamera tersebut harus diflash langsung melalui recovery, jika menggunakan recovery bawaan Mi recovery hal ini menjadi mustahil karena fitur yang ada sangatlah terbatas.

Berikut adalah cara melakukan instalasi TWRP recovery di ponsel Xiaomi Mi Note 2. Namun sebelum dilanjutkan ke langkah lanjutan, perlu dipersiapkan hal-hal sebagai berikut:

  • Ponsel sudah dalam kondisi unlock bootloader, silakan berkunjung ke link unlock berikut untuk meminta kode unlock secara langsung ke Xiaomi. Ikuti langkah-langkah lanjutannya, dan balasan dari Xiaomi sekitar seminggu sejak request dikirim.
  • Download file TWRP recovery versi twrp-3.1.0.0 di link berikut ini atau link alternative jika link pertama sudah over permintaan.
  • Download file minimal ADB & Fastboot terbaru di link ini

Kini setelah kode unlock bootloader untuk Mi Note 2 sudah diterima dan ponsel sudah dalam kondisi unlock, lanjutkan dengan melakukan instalasi program ADB Minimal dan Fastboot di PC atau laptop.

Proses flashing TWRP recovery menggunakan metode fastboot ini akan mengganti recovery bawaan yang dinamakan Mi recovery. TWRP recovery tentu mempunya fitur yang lebih banyak dibandingkan recovery bawaan meskipun dalam kasus update secara OTA, tetap diperlukan Mi recovery. Mari kita lanjutkan proses flashing TWRP recovery pada ponsel Mi Note 2.

Cara Install TWRP Recovery pada Xiaomi Mi Note 2

Langkah 1. Pastikan ponsel sudah dalam kondisi unlock bootloader
Langkah 2. Pastikan program ADB Minimal & Fastboot terinstall dengan sempurna di laptop atau PC
Langkah 3. Copy-kan file TWRP yang sudah didownload ke folder hasil instalasi ADB Minimal dan Fastboot yang terletak di folder C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot>
Langkah 3. Buka folder hasil instalasi ADB Minimal dan Fastboot di folder C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot
Langkah 4. Di folder tersebut, tekan tombol SHIFT lalu klik kanan pada mouse hingga muncul menu lalu pilih “Open Command Window Here”

Langkah 5. Kini ambil Mi Note 2, matikan ponsel tersebut sebelum masuk ke mode fastboot yang caranya sebagai berikut:

  • Tekan dan tahan tombol Volume Down lalu diikuti dengan menekan tombol power.
  • Tetap tekan tombol Volume Down hingga logo bunny dengan tulisan Fastboot warna hijau terlihat di layar ponsel.

Langkah 6. Kini hubungkan Mi Note 2 ke PC atau laptop, saat terkoneksi PC atau laptop akan menginisiasi untuk melakukan proses instalasi driver, tunggu hingga prosesnya selesai.
Langkah 7. Kembali ke layar PC atau laptop, pastikan ponsel telah dikenali dengan baik oleh PC atau laptop. Gunakan perintah sebagai berikut.

Kini ponsel siap diflash dengan TWRP recovery
Langkah 8. Kini lanjutkan dengan perintah “fastboot flash recovery twrp-3.1.0-0-scorpio.img” (tanpa tada kutip) untuk melakukan flash image TWRP recovery ke ponsel Mi Note 2.
file twrp-3.1.0.0 adalah file TWRP recovery terbaru.
Langkah 9. Tunggu hingga proses flashing TWRP selesai, saat sudah selesai ketikkan perintah “fastboot boot” (tanpa tanda kutip) untuk memerintahkan ponsel melakukan reboot masuk ke mode recovery. Tentu kini tampilan recovery sudah berubah menjadi TWRP recovery.

Setelah proses flashing TWRP recovery biasanya dilanjutkan dengan proses root bagi yang ingin mendapatkan akses ke root system dari ponselnya.

Demikian adalah proses flashing TWRP recovery pada ponsel Mi Note 2. Jika diperhatikan, proses ini tidak jauh berbeda dengan proses flashing TWRP ataupun custom recovery seperti yang ada di Redmi 2 maupun Redmi 3. Yang membedakannya hanyalah file image TWRP recovery yang tentunya berbeda bagi tiap-tiap tipe dan model ponsel seri Redmi. Namun demikian diperlukan kehati-hatian saat melakukan flashing image recovery, jangan sampai tertukar dengan file image recovery ponsel tipe lain karena akan berakibat softbrick.

Cara Install TWRP Recovery di Xiaomi Mi Note 2 |Henry |4.5 | dibaca 521 kali