Cara Install MIUI 8 pada Xiaomi Redmi 3s

Flash Redmi 3s MIUI 8 – Ponsel Xiaomi telah menjadi pilihan utama pengguna ponsel pintar di Indonesia, selain merk lainnya. Hal ini dikarenakan Xiaomi menawarkan ponsel dengan harga yang kompetitif dan spesifikasi yang lumayan gahar. Namun dikarenakan adanya ketentuan TKDN, maka ponsel Xioami yang beredar di Indonesia banyak yang menggunakan ROM distributor termasuk ponsel Redmi 3s.

ROM distributor di ponsel Xioami ternyata sangat mengganggu karena banyak dikeluhkan adanya iklan yang berlebihan saat menggunakan browser bawaan dan juga terkadang malah meng-install aplikasi sendiri tanpa persetujuan pemilik ponsel. Hal-hal yang menyebalkan seperti ini bisa dihilangkan dengan cara meng-install ROM asli dari Xiaomi, caranya tidak sulit dan bahkan cukup mudah. Dalam kesempatan kali ini, penulis mencoba berbagai tips cara flash Redmi 3s ke ROM MIUI 8.

Sebelum kita melanjutkan ke proses flashing Redmi 3s ke MIUI 8, maka perlu disiapkan tool Miflash dan ROM fastboot Redmi 3s.
1. Download Miflash terbaru dari link berikut ini.
2. Download ROM MIUI 8 Global Stable versi Fastboot untuk Redmi 3s di link berikut.
3. Pastikan kondisi baterai ponsel Redmi 3s lebih dari 70%

Install ROM MIUI 8 Redmi 3s

Kini kita akan lanjut ke proses cara install ROM MIUI 8 ke ponsel Redmi 3s.
Langkah 1. Ekstrak file TGZ ROM MIUI 8 Redmi 3s hingga mendapatkan sebuah folder. Gunakan software winrar dan 7zip, kali pertama gunakan winrar untuk mengekstraknya lalu dilanjutkan dengan 7zip untuk mengkestrak yang kedua hingga didapatkan folder yang berisi beberapa file seperti gambar berikut. Untuk memudahkan proses navigasi file di Miflash nantinya, ekstrak file TGZ tersebut di root directory C: atau D:

Langkah 2. Install MiFlash ke PC atau laptop, ikuti wizard yang ada.
Langkah 3. Jika perlu, backup terlebih dahulu data yang ada di ponsel Redmi 3s karena nanti di menu MiFlash kita akan melakukan proses “Flash All” untuk memastikan ROM ter-install dan berjalan dengan sempurna.
Langkah 4. Matikan ponsel, lalu masuk ke mode Fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Power down kemudian tekan tombol power. Ponsel akan menampilkan mode fastboot seperti di bawah ini.
Langkah 5. Hubungkan ponsel ke PC atau laptop menggunakan kabel USB, jika PC atau laptop melakukan proses instalasi driver, ikuti wizard yang ada.
Langkah 6. Buka program MiFlash yang telah terinstall, klik tombol “Refresh” dan pastikan MiFlash mengenali ponsel Redmi 3s yang tadi kita hubungkan seperti gambar berikut ini.
Langkah 7. Kini klik tombol menu “Browse”, lalu arahkan ke folder file ROM MIUI 8 yangtelah diekstrak sebelumnya.
Langkah 8. Pilih opsi “Flash All” yang ada di bagian bawah dari tool MiFlash.

Langkah 9. Kini klik tombol “Flash” untuk memulai proses flashing MIUI 8 ke ponsel Redmi 3s. Tunggu hingga proses flash selesai.

Saat proses flashing selesai, maka ponsel secara otomatis akan melakukan reboot. Proses reboot kali pertama ini akan sedikit lama dari proses reboot sebelumnya, jika layar ponsel menampilkan proses reboot ditandai dengan adanya animasi titik-titik maka artinya proses flashing berjalan dengan baik dan kini ponsel sedang melakukan inisiasi pertama kali dimana membutuhkan waktu sekitar 5 menit.


Setelah proses reboot selesai, kini ponsel sudah terinstall ROM MIUI 8 yang resmi dari Xiaomi dan siap digunakan. Semoga tutorial singkat cara flash Redmi 3s ke ROM MIUI 8 Global ini bermanfaat.

Cara Install MIUI 8 pada Xiaomi Redmi 3s |Henry |4.5 | dibaca 574 kali