Cara Install Android 9 Pie di Nokia 6.1 Plus

Sejak kemunculannya kembali di dunia ponsel pintar, Nokia telah banyak mencuri perhatian pengguna android. Hal ini mungkin karena efek dari pengalaman nostalgia karena seperti kita ketahui, Nokia, di jaman feature phone menjadi ponsel yang banyak digemari bahkan dijuluki sebagai hape sejuta umat. Dan kini bersama HMD, Nokia dibawa kembali ke habitatnya tetap alih-alih menggunakan sistem operasi Symbian, Nokia masa kini menggunakan Android sebagai sistem operasi utamanya dan sepertinya strategi ini cukup berhasil  terlebih didukung juga dengan strategi marketing yang cukup berhasil dan desain ponsel yang kekinian.

upgrade nokia 6.1 plus ke android 9 pie

Salah satu ponsel android keluaran pabrikan HMD adalah Nokia 6.1 Plus yang diklaim sebagai ponsel pintar berharga kompetitif yang paling stylish karena menggunakan bodi ponsel berbahan kaca. Salah satu kelebihan Nokia 6.1 Plus adalah digunakannya platform Android One yang memungkinankan ponsel pintar ini mendapatkan update dengan cepat langsung dari Google.

Banyak rumor yang beredar menyebutkan jika Nokia 6.1 Plus akan menerima update Android 9 Pie di akhir bulan ini. Tetapi jika anda tidak sabar untuk menunggunya, ada cara lebih cepat untuk meng-upgrade Nokia 6.1 Plus ke Android 9 Pie yaitu dengan mendownloadnya secara langsung dari situs resmi Nokia.

Nokia 6.1 Plus cukup ringan dan tipis dan mudah diperasikan dengan satu tangan. Pihak HMD sebagai manufaktur Nokia juga menyelipkan desain poni di ponsel ini bersama dengan semacam “dagu” kecil di bawah layar. Dengan desain seperti ini maka anda akan mendapatkan layar yang lebih lebar dengan footprint yang lebih kecil. Penggunaan bodi kaca reflektif yang mengkilap menjadikan tampilan ponsel ini cukup cantik walaupun ternyata itu digunakan juga sebagai magnet sidik jari. Ponsel Nokia 6.1 Plus juga dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup tinggi dengan kapasita baterai moderat.

Seperti yang dijanjikan, Nokia 6.1 Plus menerima tambalan keamanan dan update secara regular melalui OTA, yang artinya tidak ada lagi proses yang menyakitkan hanya sekedar untuk melakukan proses upgrade. Dan kini untuk bisa meng-upgrade ke Android 9 Pie, cukup dengan cara yang mudah tanpa perlu dengan berbagai perintah dan proses flashing yang ribet serta membingungkan pengguna awam android.

Cara Download dan Install Android 9 Pie untuk Nokia 6.1 Plus

Situs resmi Nokia yang disebut Nokia Beta Labs kini memberikan update ke Android 9 Pie versi Beta ke pengguna yang tertarik. Di versi terbaru Android ini, Nokia 6.1 Plus akan memiliki banyak fitur terbaru seperti Dashboard baru untuk Digital Wellbeing, sistem navigasi berbasis isyarat yang lebih maju, perbaikan yang signifikan untuk sisi AI dan UI, mendukung berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, fitur baru untuk adaptasi dan banyak lainnya.

Untuk mendapatkan berbagai fitur baru dan terbaru tersebut di Nokia 6.1 Plus, anda cukup melakukan pendaftaran di situs resmi Nokia Beta Labs dengan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan update Android 9 Pie melalui OTA.

Silakan mengikuti langkah berikut ini untuk memastikan proses download dan install Android 9 Pie di Nokia 6.1 Plus berjalan dengan sempurna.

  1. Kunjungi situs resmi Nokia Beta Labs, lalu klik tombol “Sign in” untuk memulainya.
  2. Setelah Sign-in, silakan masukkan informasi yang dibutuhkan seperti nomer IMEI, nama operator telco yang digunakan, dan lokasi.
  3. Setelah semua kolom diisi, dan setuju dengan ketentuan yang ada di “Beta software license terms”, dan kini artinya anda telah terdaftar di Nokia Beta Labs.
  4. Setelah sukses dengan proses pendaftaran perangkat android Nokia anda di akun Beta Labs, anda akan melihat perangkat anda tersebut di menu informasi perangkat.
  5. Klik tombol “Get the Beta Software over the air” dan setuju dengan syarat dan ketentuan. Kini klik tombol “Request OTA” untuk memulai menerima update OTA dalam jangka waktu 12 jam.
  6. Jika semuanya berjalan dengan sempurna, notifikasi OTA untuk update akan segera anda terima atau jika belum ada notifikasinya, silakan untuk melakukan pengecekan secara langsung melalui menu Settings » System » System Update dan pilih “check for update”.

Setelah update OTA terpasang, kini waktunya anda menjelajahi ponsel pintar Nokia 6.1 Plus yang telah berjalan dengan Android 9 Pie, sistem operasi Android terbaru dari Google.

Cara Install Android 9 Pie di Nokia 6.1 Plus |Edwin Geral |4.5 | dibaca 156 kali