Cara Install Android 5.1.1 Lollipop di Xiaomi Mi Note dengan TWRP Recovery

perintahdasar.com – Berikut adalah tips atau cara untuk menginstall Android 5.1.1 Lollipop pada Xiaomi Mi Note dengan menggunakan recovery TWRP. Perlu dingat, proses upgrade ini tidak menggunakan ROM resmi dari Xiaomi melainkan sebuah custom ROM sehingga apa yang kita lakukan pada Mi Note akan mempunyai resiko tersendiri yaitu adanya resiko bootloop ataupun brick.

Mekipun demikian jika terjadi sesuatu dengan Mi Note misalnya bootloop dan soft brick bisa diselesaikan dengan melakukan flashing ulang menggunakan fastboot ROM Mi Note yang dirilis oleh Xiaomi menggunakan Mi Flash tool seperti yang pernah kita bahas di cara flash Redmi 2 dengan fastboot ROM.

Meskipun demikian, custom ROM Android 5.1.1 Lollipop menjanjikan banyak fitur baru seiring dengan fitur Android Lollipop itu tersendiri walalupun masih adanya beberapa bug tetapi bagi penulis bug tersebut tidaklah signifikan demi mendapatkan pengalaman menggunakan Android 5.1.1 Lollipop yang ringan dan cepat tanpa bloatware.

mi note lollipop upgrade info

Berikut adalah Cara Upgrade Xiaomi Mi Note ke Android 5.1.1 Lollipop

Step 1 – Lakukan backup data yang ada pada Mi Note, penting!!

Step 2 – Langkah ini hanya berlaku untuk MI Note BUKAN MI Note Pro

Step 3 – Download TWRP Recovery Mi Note pada download link berikut

Step 4 – Download ROM Android 5.1.1 untuk Mi Note dari download link berikut, copy-kan ZIP file ROM tersebut ke memory Mi Note.

Step 4 – Pastikan fastboot tools sudah terinstall dengan baik di PC dan tentunya driver Mi Note terload dengan baik sehingga dikenali oleh PC.

Step 5 – Matikan Mi Note kemudian masuk ke fastboot mode dengan cara menekan tombol Volume Down dan Power secara bersamaan

Step 6 – Masuk ke direktori dimana fastboot tool terinstall di PC, lalu ketikkan perintah berikut di terminal PC.

fastboot flash recovery twrp-MiNote-2015-03-19-recovery.img

fastboot boot recovery twrp-MiNote-2015-03-19-recovery.img

Mi Note akan masuk kembali ke recovery TWRP tanpa menampilkan apa-apa, tunggu hingga semua ter-loading. Hal ini dikarenakan TWRP recovery sedang melakukan flashing ke System 1 dan hanya System 1 ini yang bisa digunakan. Kemudian pilih System 1 sebelum melakukan reboot.

Step 7 – Reboot phablet Mi Note untuk masuk ke recovery

Step 8 – Pilih Wipe Data to clear all data. Jangan memilih Format Data in Advanced Option.

Step 9 – Kembali ke main menu recovery, pilih Installation ZIP lalu Flash.

Kini reboot Mi Note, diamkan dahulu sejenak sampai benar-benar selesai. Lalu setting Mi Note layaknya ponsel Android baru. Cek About Phone untuk melihat system Android 5.1.1 benar telah terinstall di Mi Note. Namun perlu diingat jika Android 5.1.1 di Mi Note masih ada beberapa bug meskipun bukan hal yang mendasar.

source

Cara Install Android 5.1.1 Lollipop di Xiaomi Mi Note dengan TWRP Recovery |Henry |4.5 | dibaca 18,676 kali

Leave a Reply