Cara Booting Safe Mode Ponsel Xperia

perintahdasar.com – Berikut adalah cara melakukan booting ponsel Xperia ke Safe Mode yang sangat diperlukan jika ponsel mengalami masalah yang diakibatkan dari penggunaan aplikasi pihak ketiga. Hal ini sangat direkomendasikan karena kondisi boot ke safe mode akan mengabaikan aplikasi pihak ketiga tersebut, jika ponsel berjalan sempurna tanpa aplikasi tersebut maka artinya aplikasi tidak cocok dengan system internal ponsel Xperia, jika sebaliknya maka perlu dilakukan langkah perbaikan yang lain.

Untuk melakukan proses booting ke safe mode di ponsel Xperia, kemungkinan akan sedikit berbeda karena perbedaan model dan versi firmware yang digunakan, namun di bawah ini penulis akan mencoba untuk menjelaskannya bagaimana masuk ke menu safe mode.

Sebagai catatan, ponsel yang masuk ke safe mode sebagian besar akan mempengaruhi User Interface yang digunakan semacam ikon, folder-folder dan widget. Dan jika kembali ke mode normal, maka semua aplikasi pihak ketiga membutuhkan fase relogin kembali. Jika sudah mengerti efek safe mode, maka kini kita akan lanjutkan bagaimana cara menjalankan ponsel Xperia ke mode safe.

BOOT SMARTPHONE XPERIA KE SAFE MODE

Untuk booting ke Safe Mode di ponsel Xperia cukup mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 – Tekan dan tahan tombol on/off sampai muncul pop-up menu seperti di gambar 1 di bawah ini

how-to-enter-safe-mode-xperia-phones

Langkah 2 – Kemudian sentuh dan tahan tombol sentuh “Power Off” hingga muncul pop-up “Reboot to Safe Mode” seperti yang ada di gambar 2 di atas.

Langkah 3 – Tekan tombol “OK” untuk reboot ke safe mode. Jika proses booting ke safe mode berjalan lancara, maka akan terlihat pesan tulisan Safe mode di pojok kiri bawah di layar ponsel Xperia.

safe-mode-xperia-success

Congratulations!!.

Kini ponsel xperia mu sudah dalam kondisi safe mode. Silakan digunakan sebagaimana biasanya. Jika ponsel terasa gegas tanpa ada masalah sedikitpun, maka artinya aplikasi pihak ketigalah yang menyebabkan ponsel Xperia bermasalah dan artinya segera hapus aplikasi tersebut. Jika ponsel di safe mode terasa bermasalah, maka opsi perbaikan menggunakan software repair tool menjadi hal yang harus dilaksanakan.

Sebagai informasi, booting ke kondisi safe mode bisa juga dilakukan dalam kondisi ponsel Xperia mati. Caranya yaitu, saat ponsel mati, tekan dan tahan tombol “Volume Down” dan tombol “Power” hingga pesan booting ke safe mode muncul. Sedangkan untuk keluar dari kondisi safe mode, cukup dengan mematikan ponsel Xperia kemudian menyalakannya kembali.

Cara Booting Safe Mode Ponsel Xperia |Henry |4.5 | dibaca 3,521 kali

Leave a Reply