Cara Backup file APK Otomatis

Backup file APK – Tentunya akan sangat menyenangkan jika ponsel Android secara otomatis melakukan backup semua aplikasi yang terinstall baik dari Play Store maupun dari sumber lain. Dengan kondisi seperti ini, maka kita tidak perlu lagi melakukan backup secara manual semua file APK aplikasi Android.

Google Play Store secara default tidak membolehkan kita mendownload file APK baik melalui PC maupun ponsel. Saat kita meng-install semuah aplikasi menggunakan tombol “Install” di Play Store, hal itu akan menyimpan paket file APK di lokasi penyimpanan sementara, dan saat aplikasi tersebut telah terinstal maka secara otomatis file PK yang ada di lokasi temporer tersebut akan terhapus. Dengan kata lain, kita tidak dapat menyimpan file APK installer tersebut.

File installer yang berupa file APK terkadang sangat diperlukan saat ingin meng-instal sebuah aplikasi secara manual, terlebih dengan kondisi jaringan sinyal operator dan mahalnya kuota sehingga membuat kita harus pintar-pintar mensiasati hal tersebut. Juga banyak dari aplikasi android yang memiliki ukuran file yang cukup besar, sehingga saat ingin meng-install aplikasi tersebut dibutuhkan kuota data yang cukup besar serta koneksi internet yang cukup kencang. Jika hal ini tidak terpenuhi maka proses instalasi dari Play Store tentunya akan bermasalah.

Dalam kasus lain, terkadang kita juga ingin sedikit bermain-main dengan file APK seperti melakukan analisa file APK atau melakukan decompile file tersebut atau sekedar mengedit icon atau namanya. Dan file installer dalam bentuk APK bisa kita bagi dengan teman-teman, agar mereka tidak perlu melakukan aplikasi android yang sama dari Play Store atau Internet, tentu hal ini akan sangat menghemat konsumsi kuota data.

Aplikasi Backup & Restore merupakan aplikasi yang bisa membantu kita untuk melakukan proses backup file APK secara otomatis saat aplikasi tersebut diinstall dari Play Store ke ponsel Android. Aplikasi ini secara otomatis akan membuat backup copy file aplikasi dalam bentuk APK ke lokasi yang sudah ditentukan (Kita dapat mengganti lokasi file backup ini di menu Settings).

Fitur Aplikasi Backup & Restore

Melakukan backup dan restore aplikasi.
Melakukan backup otomatis saat install (Perlu di-ON kan dari menu Settings).
Backup dalam beragam versi aplikasi (Kita dapat men-set berapa banyak versi yang disimpan).
Bisa Berbagi atau Share file APK melalui WiFi atau Bluetooth.
Kirim file APK melalui Email.
Berbagi link market atau store secara langsung.
Melakukan backup link market untuk aplikasi terproteksi.
Kirim file APK ke penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, dll.

Catatan: Aplikasi Backup & Restore tidak membackup file data dan setting tiap aplikasi.

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Backup

Buka Aplikasi, kemudian tap tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas lalu pilih Settings.

Kini scroll ke bawah ke dasar menu lalu tap kotak hingga ada tanda “check” di kotak tersebut yang artinya fitur Auto backup sudah aktif. Juga lakukan hal yang sama pada kotak “Auto Backup Notify” untuk mendapatkan notifikasi ketika sebuah aplikasi telah selesai di-backup.

Cukup mudah bukan dalam men-setting aplikasi Backup & Restore agar bisa melakukan backup file installer APK secara otomatis saat di-install dari Play Store atau sumber lainnya.

Sebenarnya banyak aplikasi yang mirip dengan aplikasi Backup & restore seperti App Saver, Easy Backup & Restore dan lain-lain termasuk mendukung penyimpanan backup file APK secara cloud. Namun dari berbagai percobaan, aplikasi Backup & Restore ini yang paling mudah digunakan dan bisa diandalkan kinerjanya. Meskipun demikian, kami selalu terbuka untuk mendapatkan pandangan dan pengalaman dari pengguna ponsel android lainnya cara melakukan backup aplikasi android.

Semoga artikel singkat cara melakukan backup secara otomatis semua aplikasi Android dalam bentuk file APK ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Cara Backup file APK Otomatis |Henry |4.5 | dibaca 309 kali