Begini Caranya Upgrade Redmi 1s ke Android 7 Nougat

Redmi 1s Android 7 Nougat – Android 7 Nougat telah resmi dirilis oleh Google dan semenjak itu banyak harapan yang digantungkan oleh pengguna ponsel Android untuk mendapatkan update terbaru dari system operasi Android di ponselnya. Dan kali ini penulis mencoba berbagi tips dan tutorial bagamana melakukan upgrade ponsel Redmi 1S ke Android 7 Nougat.

Ponsel Redmi 1s merupakan ponsel yang menyita perhatian banyak pengguna android, terlebih di saat kali pertama dirilis ke publik oleh pabrikan China telah mengusung spesifikasi dan harga yang cukup kompetitif. Dan di rilis MIUI 8 sebagai MIUI terbaru, Redmi 1s menjadi salah satu ponsel Xiaomi yang mendapatkan update MIUI 8 bersama dengan ponsel legendaris Redmi 2.

tutorial-upgrade-redmi-1s-ke-android-7-nougat

Untuk meng-upgrade Redmi 1s ke Android 7 Nougat ternyata cukup mudah. Namun sebagai informasi, versi Android 7 Nougat yang akan kita gunakan di Redmi 1s bukanlah versi resmi dari Xiaomi, tetapi versi custom ROM CyanogenMod 14. Jadi, sekali lagi, kita akan mendapatkan ponsel Redmi 1s dengan tampilan interface yang plain, khas CyanogenMod dan sederhana.

Meskipun demikian, penulis sendiri tidak meyarankan untuk menggunakan ROM Android 7 Nougat di Redmi 1s di ponsel utama karena status dari ROM Android 7 Nougat ini masih dalam tahap pengembangan yang kemungkinan besar masih adanya bug dan masalah force close.

Prasyarat Upgrade Redmi 1s ke Android 7 Nougat

Berikut adalah prasyarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan upgrade ponsel Redmi 1s ke Android 7 Nougat;

1. Ponsel harus dalam kondisi Root, silakan merujuk ke tutorial Rooting Redmi 1s di sini
2. Ponsel harus terinstall custom recovery TWRP
3. Pastikan status USB Debugging ENABLE, silakan masuk ke menu Settings->Developer options di ponsel.
4. Kondisi baterai ponsel minimal 70%
5. Lakukan full back-up terutama data-data penting, karena proses flashing Redmi 1s ke Android 7 Nougat akan menghapus semua data di internal storage ponsel.

Cara Upgrade Ponsel Redmi 1s ke Android 7 Nougat

Berikut adalah panduan singkat bagamana menginstal Android 7 Nougat pada ponsel Redmi 1s;

Langkah 1. Download ROM CyanogenMod 14 terbaru untuk Redmi 1s di link ini.
Langkah 2. Download aplikasi Google Apps yang sesuai dengan ponsel Redmi 1s di link ini.
Langkah 3. Copy-kan ke dua file tersebut di atas ke SD card ponsel Redmi 1s
Langkah 4. Matikan ponsel, lalu tekan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan untuk masuk ke mode recovery TWRP.
Langkah 5. Masih di mode TWRP. Lakukan proses Factory Reset dengan cara masuk ke menu Wipe –> Advanced Wipe –> Select Wipe Cache, Dalvik System Cache and data. Kemudian Swipe untuk mengkonfirmasi perintah Wipe.
Langkah 6. Kembali ke menu utama di recovery TWRP lalu klik tombol “Install”. Sekarang navigasikan file yang akan diinstal ke file ROM CyanogenMod 14 yang telah di download lalu Swipe untuk mengkonfirmasi proses flashing dimulai. Setelah proses selesai, lakukan langkah yang sama untuk menginstal GApps.
Langkah 7. Sebelum me-reboot ponsel Redmi 1s, lakukan sekali lagi proses Wipe Cache dan Dalvik Cache dari menu utama recovery TWRP. Kini reboot ponsel.

Saat proses boot ponsel selesai, Redmi 1s telah terinstal dengan Android 7 Nougat. Silakan menikmati versi Android terbaru.

Begini Caranya Upgrade Redmi 1s ke Android 7 Nougat |Edwin Geral |4.5 | dibaca 4,287 kali