Ayo Cek Baterai Ponselmu dengan Aplikasi Ini

Cek Baterai Android – Perangkat ponsel kini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Bahkan banyak orang lebih memilih ketinggalan dompet dibandingkan ketinggalan ponsel. Tetapi tahukah kamu jika baterai ponsel sangat penting guna menunjang aktivitas mobile mu?. Bayangkan saja jika ponsel dengan baterai yang mulai tidak sehat harus kita gunakan?, tentu akan menjengkelkan khan.

Baterai merupakan komponen vital sebuah ponsel android, ibarat nyawa, maka perlu diperhatikan sehat tidaknya dan kebiasaan masing-masing pengguna. Karena kondisi baterai di ponsel android dengan pengguna setiap hari sering “menyiksa” smartphone dengan aktivitas video streaming, music streaming, dan kegiatan lain yang mengonsumsi banyak daya, tentu masa pakai baterai smartphone pun akan lebih pendek. Mengapa? Sebuah baterai biasanya punya “batas” tertentu berapa kali ia dapat diisi hingga penuh, digunakan, dan seterusnya.

Saat ini ada sejumlah aplikasi yang memungkinkan pengguna smartphone Android mengecek “kesehatan” baterainya. Salah satunya adalah Repair Battery Life PRO. Aplikasi ini mengklaim mampu “memperbaiki” kerusakan di baterai smartphone, meski sebetulnya ini terdengar hampir mustahil.

Mengapa dikatakan hampir mustahil? Baterai smartphone terdiri dari komponen kimia yang selama penggunaannya telah mengalami banyak perubahan dan proses kimia, yang tidak bisa diperbaiki dengan sekadar menggunakan aplikasi. Namun terlepas dari itu, aplikasi ini cukup layak dipertimbangkan untuk mengecek kesehatan baterai.

Repair Battery Life PRO punya tiga fitur utama yaitu “Repair”, “Tools”, dan “Information”. Fitur “Repair” mengklaim dapat mengidentifikasi kondisi sel-sel baterai yang terdiri dari tiga macam yakni “low”, “inactive”, dan “healthy”.

Seperti disebutkan di atas, fitur ini sebetulnya cenderung tak masuk akal karena (hampir) tidak mungkin baterai smartphone bisa diperbaiki cukup dengan beberapa kali tap di aplikasi.

Fitur kedua adalah “Tools”. Fitur ini memerlukan pemasangan aplikasi lainnya yakni Advanced Battery Calibrator, yang berasal dari pengembang yang sama. Dari namanya bisa ditebak bahwa aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kalibrasi baterai. Cara ini dipercaya mampu mengembalikan performa baterai yang telah menurun, menjadi lebih baik.

Adapun fitur “Information” memperkenankan pengguna untuk mengetahui informasi seputar baterai ponsel pintar android miliknya. Mulai dari suhu, voltase, arus, sisa daya, dan sebagainya. Menurut pengamatan kami, informasi yang ditampilkan aplikasi ini cukup tepat.

Dengan mengetahui kondisi kesehatan baterai ponsel android kamu secara awal, maka kita bisa mempersiapkan diri kapan waktu untuk membeli baterai baru atau jika perlu mengganti ponsel dengan ponsel android model yang terbaru. Hal ini tentunya berkaitan dengan budget keuangan, dengan mempersiapkannya jauh-jauh hari maka hal ini tidak menjadi beban yang berat.

Ingat ponsel android kini banyak kita gunakan sebagai pengganti komputer PC ataupun laptop. Dan di ponsel ini pula banyak tersimpan data penting karena digunakan sebagai penyimpan foto, file kantor bahkan file video. Jika saat diperlukan file-file tersebut tidak bisa diakses karena baterai yang sudah bermasalah, tentu hal ini akan mengganggu produktivitas kerja.

Ayo Cek Baterai Ponselmu dengan Aplikasi Ini |Henry |4.5 | dibaca 262 kali