Akhirnya Puas dengan Redmi 2 dan Android 5.1.1 Lollipop

Redmi 2 Android 5.1 Lollipop – Baru kali ini merasa puas menggunakan custom ROM berbasiskan Android 5.1.1 Lollipop di ponsel Redmi 2. Custom ROM ini sangat stabil dan bahkan performa-nya melebihi harapan penulis dan setelah pemakaian 24 jam, bisa dikatakan untuk kali ini ROM MIUI7 akan digudangkan terlebih dahulu dan bermain-main dengan Android 5.1.1 Lollipop.

Ponsel Redmi 2 yang penulis gunakan sudah mendapatkan update terbaru MIUI7 dengan versi terbarunya yaitu v7.0.9.0.KHJMICI dengan beberapa perbaikan bug dan optimalisasi system namun pada kenyataannya masih ditemukan beberap akendala yaitu performa yang masih sedikit lagging meskipun sudah lebih baik dari versi MIUI7 7.0.5.0 dan beberapa kali force close meskipun masih bisa ditolerir saat digunakan bermain game.

Dengan kondisi seperti itu akhirnya lirik sana sini untuk menggunakan custom ROM yang aduhai untuk ponsel Redmi 2 yang dimulai dari crDroid hingga akhirnya terpuaskan dengan custom ROM dari Kumajaya yang ternyata developer asli anak negeri. Bahkan penulis sudah mencoba untuk menggunakan custom ROM Kumajaya yang sudah mendukung Android 6 Marshmallow tetapi masih ada beberapa bug penting yang belum terselesaikan solusinya yaitu dukungan terhadap SIM card atau jaringan seluler operator.
Redmi-2-Android-5-Lollipop
Kondisi ponsel Redmi 2 saat diinstall dengan Android 5.1.1 Lollipop masih menggunakan MIUI7 7.0.9.0 yang merupakan versi mIUI7 terbaru untuk Redmi 2. Untuk bisa menggunakan ROM Android Lollipop, maka ponsel perlu di root terlebih dahulu. Di bawah ini, penulis akan mencoba menuliskan kembali apa saja yang perlu dilakukan untuk meng-install Android 5.1.1 Lollipop ke ponsel Redmi 2.

Cara Mudah Install Android 5.1.1 Lollipop ke Redmi 2

Berikut adalah langkah-langkah yang penulis gunakan untuk meng-install Android 5.1.1 Lollipop ke Redmi 2. Namun sebelum melakukan instalasi, perlu di download beberapa file berikut yang akan digunakan dalam proses instalasi ini.

  1. Download file root.zip yang nantinya berguna untuk melakukan proses rooting Redmi 2.
  2. Download file Rashr.apk atau download via Google Play Store.
  3. Download file custom Recovery TWRP untuk Redmi 2.
  4. Download file ROM CyanogenMod 12.1 di link berikut.
  5. Download file Gapps versi Nano di link berikut.

Setelah file-file di atas terdownload dengan baik, maka copy-kan ke microSD yang digunakan di ponsel Redmi 2. Sekali lagi di microSD bukan di internal storage karena nanti di proses wipe kita akan melakukan wipe juga untuk internal storage untuk menyediakan storage yang bersih yang akan digunakan oleh ROM CM12.1 di Redmi 2.

Kini kita akan melakukan instalasi Android 5.1.1 Lollipop berbasiskan Rom CyanogenMod 12.1 pada ponsel Redmi 2. Untuk diingat, instalasi Android Lollipop menggunakan ROM CM12.1 di atas tidak bisa digunakan pada ponsel Redmi 2A variant apapun.

Langkah 1 – Lakukan proses root pada Redmi 2 menggunakan Mi Recovery melalui aplikasi Updater yang ada di folder Tool atau silakan merujuk ke tutorial rooting Redmi 2 MIUI7 Global Stable yang telah ada. Pastikan proses root berhasil dan jika ingin memverifikasinya silakan menggunakan aplikasi root checker yang bisa di download melalui Google Play Store juga.
Langkah 2 – Melakukan instalasi custom Recovery menggunakan aplikasi Rashr. Silakan download aplikasi tersebut di Play Store atau lakukan secara manual menggunakan file apk. Gunakan tutorial cara instalasi custom recovery di Redmi 2, namun file image yang digunakan adalah file TWRP yang telah di download di atas.
Langkah 3 – Masuk ke recovery sesaat proses instalasi recovery selesai atau dengan cara lain yaitu dengan mematikan ponsel lalu tekan Volume Up dan Down secara bersamaan lalu tekan tombol Power.
Langkah 4 – Setelah masuk ke TWRP recovery, Pilih Wipe lalu pilih advanced kemudian pilih semua opsi yang ada kecuali wipe microSD, MicroSD tidak di wipe karena disitulah file ROM zip berada.
Langkah 5 – Setelah proses Wipe selesai, lalu kembali ke menu awal untuk memilih menu Install. Pilih Storage yang digunakan yaitu microSD lalu pilih file ZIP ROM CM12.1 kemudian pilih file zip Gapps. Tunggu hingga proses instalasi selesai lalu pilih pilihan reboot.

Setelah ponsel selesai melakukan reboot, maka ponsel kini akan menampilkan proses set-up layaknya ponsel kali pertama digunakan. Ikuti saja wizard yang ada dan isikan account Google yang kita punya sebaga prasyarat untuk menggunakan ponsel Android.  Kini Redmi 2 menggunakan Android 5.1.1 Lollipop. Silakan memverifikasinya dengan masuk ke menu setting lalu pilih About Phone untuk melihat kondisi terkini ponsel Redmi 2.

Akhirnya Puas dengan Redmi 2 dan Android 5.1.1 Lollipop |Henry |4.5 | dibaca 156,922 kali