6 Tips Cara Mengatasi Ponsel Tidak Cepat Panas

Kenapa Ponsel Cepat Panas – Kini hampir sebagian besar orang tidak bisa lepas dari ponsel pintarnya. Hal ini jamak kita jumpai diberbagai kesempatan dimana orang lebih sibuk memandang layar ponsel pintar mereka dibandingkan berbicara dengan orang-orang disekitarnya. Bahkan bisa dibilang apapun yang terjadi, ponsel menjadi pilihan pertama dibandingkan dompet saat harus memilih barang apa yang bisa ditinggalkan di rumah.

Penggunaan ponsel pintar secara terus menerus tentu berakibat langsung kepada ponsel tersebut, terutama kondisi baterai. Perlu dicek sesekali kondisi kesehatan baterai smartphone agar aktivitas di luar bisa berlangsung dengan baik. Tetapi selain baterai, efek penggunaan secara terus menerus menjadikan smartphone menjadi cepat panas.

Jika hal ini dibiarkan, ponsel bisa mengalami overheat atau panas berlebih dan menimbulkan masalah. Untuk mencegah hal tersebut, coba ikuti enam tips sederhana berikut ini:

1. Istirahatkan Sejenak
Berhenti sejenak mengintip Instagram dan media sosial lainnya. Meski terdengar sederhana, hal ini sangat ampuh untuk mendinginkan dapur pacu ponsel yaitu processor dan chipset di dalamnya. Toh ada kegiatan lain yang harus dilakukan selain hanya bersosial media.

2. Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung
Hindari sebisa mungkin ponsel terkena terik matahari secara langsung. Karena jika hal ini terjadi, suhu ponsel akan naik dengan cepat yang mengakibatkan terjadinya proses overheat atau panas berlebihan.
Smartphone memang rentan terhadap cuaca dan secara otomatis akan mati ketika suhu internal mencapai titik tertentu. Tapi tetap saja, jangan remehkan ponsel terkena cuaca panas.

3. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
Sama seperti membuka aplikasi yang berat seperti game, tingkat kecerahan layar juga bisa mempengaruhi suhu ponsel. Semakin terang layar ponsel, maka akan semakin menguras baterai. Jadi, coba turunkan tingkat kecerahan layar.

4. Tutup Aplikasi Game dan Aplikasi yang Tidak Digunakan
Membuka aplikasi game akan menguras baterai. Semakin smartphone bekerja keras, maka semakin mudah smartphone mengalami overheat. Pernah dengar komputer mengeluarkan bunyi berisik? Itu adalah bunyi kipas angin internal untuk mendinginkan suhu komputer. Nah, ponsel pun kira-kira tak jauh beda.

5. Gunakan Glare Screen
Pelindung layar glare screen yang meneduhkan memungkinkan Anda melihat layar ponsel lebih baik di kondisi terang, misalnya di bawah terik matahari. Jadi Anda tidak bergantung pada tingkat kecerahan layar.

6. Lepaskan Silicon Casing
Casing ponsel terkadang menahan suhu panas. Jadi ketika ponsel mulai terasa panas, lepaskan dulu casing tambahannya sampai suhunya normal. Atau, beli casing yang dirancang untuk mengurangi panas.

Dengan mengikuti 6 tips mengatasi smartphone tidak cepat panas di atas maka diharapkan ponsel pintar akan tetap terjaga performanya. Juga diharapkan ponsel awet dan bisa digunakan hingga beberapa tahun kedepan hingga terkumpulnya uang tambahan untuk membeli ponsel android model terbaru yang menghadirkan beragam fitur menarik guna menunjang kegiatan sehari-hari.

6 Tips Cara Mengatasi Ponsel Tidak Cepat Panas |Henry |4.5 | dibaca 291 kali