5 Masalah yang Sering Ditemui di Galaxy S8 dan Cara Memperbaikinya

Problem Galaxy S8 – Ponsel terbaru Samsung yang dinamakan Galaxy S8 menggunakan seri shipset terbaru dari Qualcomm Snapdragon 835 dan GPU Adreno 540 serta RAM 4GB dengan internal storage 128GB. Kamera yang diusung pun cukup impressif dengan resolusi 12 Megapiksel untuk kamera belakang serta 8 Megapiksel untuk kamera depan membuat ponsel ini menjadi salah satu ponsel dengan kamera terbaik yang tersedia di pasaran.

Layar ponsel Samsung Galaxy S8 berukuran 5.8 inchi super AMOLED, menggunakan baterai tanam berkekuatan 3000 mAH, dan Android 7 Nougat menjadi pelengkap yang menawarkan pengalaman baru berponsel pintar dengan segudang fitur khas Samsung.

Hanya saja ibarat tak ada gading yang tak retak, Galaxy S8 ternyata memiliki berbagai masalah yang tercermin dari banyaknya laporan pengguna ponsel ini. Berikut adalah top 5 masalah yang sering dilaporkan oleh user dan tentunya kami juga berikan solusi untuk masalah-masalah tersebut. Mari lanjutkan baca artikel di bawah ini.

Masalah di Galaxy S8 dan Solusinya

1. Wireless Charging.
Banyak laporan yang menyebutkan bahwa ponsel Galaxy S8 gagal melakukan isi ulang baterai secara wireless dengan bantalan charging tertentu. Cara klasik dengan mencoba kembali dan melakukan reboot pada ponsel tidak mampu mengatasi hal tersebut. Problem ini bahkan lebih buruk dan sangat mengganggu dibandingkan adanya pesan “charging paused” saat ponsel diisi ulang.

Solusi dari kegagalan wireless charging pada perangkat bantalan charging tertentu ini sudah menjadi prioritas utama pabrikan ponsel Korea, namun hingga saat ini Samsung dilaporkan masih belum memberikan solusi apapun. Problem ini sepertinya hanya timbul pada bantalan charging wireless yang lawas. Hal ini terbukti setelah banyak dari pengguna galaxy S8 yang menukarkan bantalan charging wireless lawas mereka ke versi yang terbaru tidak ditemukan masalah yang sama. Kita tahu hal ini tidak masuk akal untuk membeli versi baru dari bantalan charging tersebut, namun setidaknya problem ini terselesaikan hingga pihak Samsung dapat memberikan solusi yang lain.

2. Speaker.
Ponsel Samsung Galaxy S8 merupakan ponsel yang sudah tersertifikasi IP68, yang artinya tahan terhadap air termasuk tenggelam di air dan juga tahan terhadap debu. Namun nyatanya, banyak pengguna yang memiliki Galaxy S8 terbenam dalam air melaporkan adanya distorsi suara termasuk adanya suara retak saat memainkan file audio.

Solusinya adalah saat ponsel terbenam dalam air, cepat-cepat angkat ponsel tersebut lalu keringkan dengan kain bersih dan pastikan tidak ada air tersisa di bodi ponsel. Saat ponsel sudah yakin benar-benar kering, maka diamkan sekurang-kurangnya 1 jam dan jangan gunakan speaker ponsel. Biarkan ponsel kering terlebih dahulu selama 1 atau 2 jam kemudian sebelum digunakan kembali. Jika anda melakukan hal ini maka kemungkinan besar ponsel akan bekerja kembali seperti semula.

3. Layar Kemerahan.
Layar Galaxy S8 tampak kemerahan menjadi masalah yang sering dilaporkan oleh para pemilik Galaxy S8. Pada walnya hal ini disangkal oleh Samsung dengan menyatakan tidak ada masalah dengan hardware, tapi kemudian diketahui kalau layar kemerahan disebabkan karena pengaturan warna layar masih aktif saat ponsel dikirim.

Solusi layar kemerahan atau red screen sayangnya belum tersedia tetapi diharapkan update software akan memperbaiki masalah tersebut. Menurut beberapa sumber, Samsung susah memulai proses untuk merilis update software terbaru melalui OTA. Update ini akan memberikan akses ke pengguna Galaxy S8 dalam pengaturan warna yang menyediakan opsi pemilihan warna yang lebih banyak.

4. Galaxy S8 Freezes.
Beberapa pengguna Galaxy S8 melaporkan ponsel mereka freezes tanpa mampu merespon perintah yang diberikan melalui layar ponsel. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan secara background atau adanya kesalahan di software. Apapun itu, hal ini tentunya sangat menjengkelkan jika ponsel freezes.

Solusinya adalah dengan melakukan soft reset. Caranya, tekan dan tahan tombol power beberapa saat hingga tampil menu untuk memilih opsi “Restart”. Setelah tapping dua kali sebagai konfirmasi, ponsel galaxy S8 akan restart dan kembali bekerja seperti semula. Namun jika kamu tidak dapat masuk ke opsi restart, maka lakukan hal ini yaitu tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 10 detik. Hal ini akan mengakibatkan ponsel mati, lalu nyalakan kembali dan ponsel pun akan kembali responsif.

Hanya saja solusi ini menjadi menjengkelkan jika sering terjadi. Untuk itu tunggu hingga adanya update software dari Samsung juga in-paralel lakukan pemilihan dan pemilihan aplikasi mana saja yang dibutuhkan dan selalu berjalan dibackground. Gunakan menu setting pada ponsel untuk melakukan hal ini.

5. Masalah Konetifitas Wi-Fi.
Banyak pengguna Galaxy S8 yang melaporkan adanya masalah di konektifitas pada Wi-Fi ponsel. Pengguna menjumpai masalah yang aneh dimana koneksi Wi-Fi akan putus tanpa alasan yang jelas lalu terkoneksi kembali setelah beberapa saat. Hanya saja jika terjadi di saat-saat tertentu hal ini sangat menjengkelkan.

Solusinya dari masalah Wi-Fi di Galaxy S8 hanya dapat diselesaikan secara update software dan pabrikan ponsel Korea ini sudah sangat paham akan masalah ini. Namun hingga adanya update software secara OTA tersedia untuk Galaxy S8, maka lakukan hal berikut yaitu dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih Backup, kemudian pilih “Reset Network Settings”, semoga langkah tersebut dapat menyelesaikan masalah Wi-Fi Galaxy S8.

Demikian adalah 5 masalah yang kerap dijumpai oleh pengguna Galaxy S8 selama ini, semoga dengan solusi yang kami berikan dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut meski kami yakin tanpa adanya update software Galaxy S8 hal tersebut bisa saja muncul kembali sewaktu-waktu.

5 Masalah yang Sering Ditemui di Galaxy S8 dan Cara Memperbaikinya |Henry |4.5 | dibaca 305 kali