5 Cara Mempercepat Ponsel Android yang Kinerjanya Melambat

Perangkat android telah menjadi sangat dominan di dunia sistem operasi mobile mengalahkan sistem operasi mobile lainnya. Pada dasarnya ponsel pintar merupakan computer super kecil dan computer selalu mengalami perlambatan kecepatan seiring berjalannya waktu, terlepas dari fanatisme dan loyalitas terhadap sebuah merk sekalipun. Windows, iOS, KaiOS, Android dan lainnya pasti akan melambat seiring waktu. Dan seperti itulah bagaimana hardware computer bekerja. Tetapi banyak juga faktor yang mempengaruhi ponsel seiring waktu berjalan. Banyak pengguna mengalami banyak masalah yang tidak perlu yang mengganggu saat ponsel digunakan dan hal-hal seperti ini ternyata dapat diperbaiki. Jadi, secara teori, adalah mungkin untuk mempercepat ponsel Android yang kinerjanya melambat.

Meskipun demikian, tidak setiap ponsel pintar android lambat dikarenakan adanya file dan aplikasi yang tidak dibutuhkan. Sulit untuk menentukan satu alasan mengapa perangkat tertentu melambat lebih dari yang semestinya. Apa pun alasannya, satu-satunya hal yang lebih menyebalkan daripada internet lambat adalah smartphone yang lebih lambat.  Untuk itu sebelum berpikir untuk menjualnya ke konter ponsel terdekat atau memasukkannya ke marketplace, tidak ada salahnya mencoba lima tips di bawah ini dan semoga saja dapat menjadi solusi untuk mengatasi ponsel Android anda yang melambat.

Mempercepat Perangkat Android yang Lambat

  1. Copot Aplikasi yang tidak digunakan

Ini merupakan salah satu solusi yang pas dan jelas tetapi sulit juga untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan pertanyaan,”Bagaimana jika nanti saya butuh aplikasi ini?”. Pertanyaan itulah yang membuat anda berhenti untuk menghapus aplikasi yang tidak perlu dari ponsel. Padahal setiap aplikasi akan berjalan di-background dan memakan beberapa bit RAM dan hal ini banyak tidak disadari oleh para sebagain besar pengguna ponsel pintar. Selain itu aplikasi juga akan melakukan proses komputasi dan menghabiskan daya baterai saat memprosesnya.

Meskipun Android generasi terakhir telah jauh lebih baik dalam menangani aplikasi yang berjalan di-background, tentunya memiliki lebih sedikit aplikasi yang selalu berjalan di background bukanlah sesuatu yang diharamkan. Untuk itu digenerasi terbaru Android yang dinamakan Android Pie, ada alat atau tool yang sangat membantu untuk mengidentifikasi aplikasi mana saja yang menghabiskan sebagian besar sumber daya ponsel pintar android. Hanya saja, hal ini tentu tidak dapat dinikmati oleh pengguna android versi sebelumnya. Untuk itu, solusi terbaiknya adalah dengan masuk ke menu opsi pengembang dan masuk ke menu Memori. Lalu pilih aplikasi mana yang tidak perlu digunakan tetapi menempati ranking tertinggi menggunakan sumber daya ponsel pintar android anda.

Di beberapa pabrikan ponsel android seperti Sony menempatkan opsi di atas tepat di menu Pengaturan yang biasanya ditempatkan di atau atau di bawah menu Penyimpanan. Jadi silakan saja untuk mencari opsi di atas guna melakukan identifikasi secara manual atas aplikasi-aplikasi mana saja yang tidak dibutuhkan tetapi berjalan secara sembunyi dan menghabiskan sumber daya ponsel, dan hal ini lah yang menjadi salah satu faktor kenapa ponsel android anda menjadi lambat.

Di menu Penyimpanan atau Storage, tap opsi penggunaan memori oleh aplikasi. Di sini akan terlihat seberapa banyak RAM yang digunakan oleh aplikasi tersebut dan rata-rata pemakaiannya. Hal ini tentu sangat memudahkan anda untuk melakukan identifikasi untuk aplikasi yang belum dijalankan dan tentunya belum memakan RAM yang ada di ponsel. Di bawah opsi Pengembang, juga terdapat submenu yang disebut Running Services atau Yang sedang berjalan dimana akan memberi anda statistic penggunaan sumber daya ponsel yang serupa.

Nah di saat Anda menghapus aplikasi, pertimbangkan juga untuk menonaktifkan semua aplikasi widget dan aplikasi wallpaper live dikarenakan kedua aplikasi tersebut berjalan diam-diam di background.

  1. Membatasi Proses yang berjalan di Background

Ada beberapa aplikasi yang tidak dapat atau tidak ingin Anda hapus, seperti aplikasi Facebook yang rakus akan memori tetapi karena aplikasi ini penting banget untuk bersosial media jadi harus ada di ponsel. Untuk kondisi seperti ini solusinya adalah dengan membatasi proses atau aplikasi apa saja yang berjalan di background.

Opsi ini dapat dilakukan dengan mengakses menu Pengambang, lalu ke submenu Aplikasi. Di sini sekarang anda dapat membatasi proses aplikasi yang bekerja secara diam-diam atau background, sisakan empat aplikasi atau proses saja yang berjalan, jika di rasa masih lambat ponselnya maka kurangi lagi hingga kerja ponsel terasa lebih ringan dan gegas.

Opsi lainnya adalah dengan men-toggle menu dan pilih “Don’t keep activities” yang ada di atas kanan atas di menu Background process limit.

  1. Ganti Pengaturan Kecepatan Animasi

Menikmati tampilan animasi di ponsel pintar sangatlah keren dan bisa menjadi bahan pamer ke teman-teman dekat. Hanya saja hal ini sangat memberatkan proses kerja di ponsel terlebih jika ponsel pintar android yang Anda punya masuk dalam klasifikasi menengah ke bawah yang mempunyai edisi terbatas di sisi spesifikasi hardwarenya. Jika ponsel sudah dirasa melambat, silakan untuk melihat kembali pengaturan kecepatan animasi.

Menu pengaturan ini bisa diakses di osi Pengembang, lalu ke submenu DRAWING dan digambarkan seperti pada gambar di bawah ini.

  1. Pasang Aplikasi Versi Ringan atau Lite

Kini trend menyediakan aplikasi versi ringan telah menjadi sebuah kebutuhan oleh para banyak perusahaan internet termasuk Google. Hal ini merupakan salah satu strategi mereka mempertahankan penggunanya yang masih menggunakan ponsel pintar dengan spesifikasi hardware terbatas. Untuk itu para perusahaan ini pun rela membangun aplikasi yang tidak boros menggunakan sumber daya ponsel dan ini artinya bisa berjalan di perangkat berklasifikasi rendah. Dan ini juga artinya pengguna ponsel pintar jadul pun masih bisa menggunakan ponsel mereka untuk mengakses berbagai layanan tersebut. Facebook dan Twitter merupakan dua perusahaan yang memulai gerakan menyediakan aplikasi versi ringan atau lite, kemudian disusul oleh lainnya seperti raksasa internet dari Mountain View, Google. Sekarang dengan banyaknya ketersedian aplikasi Google yang ringan akan membuat Anda mempunyai banyak opsi untuk menggunakannya.

Kesemua aplikasi versi ringan tersebut adalah Facebook Lite, Messenger Lite, Twitter Lite, LinkedIn Lite, Skype Lite, YouTube Go, Google Go, Gmail Go, Google Maps Go dan lain-lain.

  1. Membersihkan Penyimpanan atau Storage

Salah satu yang menjadi alasan jelas dari ponsel yang melambat adalah hampir penuhnya kapasitas penyimpanan atau storage. Apapun sistem operasinya, termasuk juga Android, membutuhkan ruang tersendiri di storage atau area penyimpanan untuk memproses berbagai tugas. Hal ini lah yang kita temui dimana kemampuan penyimpanan yang cepat seringkali menghasilkan sistem operasi yang cepat. Hanya saja Anda tidak dapat melakukan apapun atas kecepatan area penyimpanan ini tetapi Anda bisa membantunya dengan melakukan pembersihan sehingga akan tersedia ruang kosong yang dibutuhkan sistem operasi.

Penuhnya area penyimpanan atau storage tidak hanya disebabkan pemasangan berbagai aplikasi atau file data semacam video dan photo, tetapi adanya proses membangun file cache atau simpan sementara. Hal ini dilakukan sebagai usaha untuk mempercepat proses loading aplikasi lebih cepat tetapi jika kapasitas storage hamper penuh maka hal ini malah bekerja sebaliknya, Menghapus file cache dapat berpotensi meningkatkan kecepatan ponsel android anda secara berangsur-angsur.

Selain itu data cache yang rusak dan error juga dapat menimbulkan berhentinya aplikasi tiba-tiba. Untuk mengatasi masalah ini dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Penyimpanan dan akan terlihat pembagian area penyimpanan berdasarkan aplikasi, media, cache data dan file-file lain. Tap tiap bagian tersebut untuk membersihkannya.

5 Cara Mempercepat Ponsel Android yang Kinerjanya Melambat |Edwin Geral |4.5 | dibaca 163 kali