4 Hal Penting Sebelum Upgrade Redmi 2 ke Android 6 Marshmallow

perintahdasar.com – Menggunakan ponsel Redmi 2 dari Xiaomi sebagai ponsel utama untuk menunjang kegiatan sehari-hari sudah lebih dari cukup termasuk game kesukaan yaitu Ingress dan sedikit berkutat dengan Clash of Clan, namun jika dilakukan dengan menggunakan Android 6 Marshmallow sebagai system operasinya tentu akan menjadi sebuah kesenangan tersendiri meskipun kehadiran MIUI 7.1 telah memberikan pengalaman yang sedikit berbeda.

Ponsel Redmi 2 sampai sekarang ini masih belum mendapatkan update terbaru lagi setelah dirilisnya MIUI 7.1 yang masih tetap menggunakan Android Kitkat sebagai basis system operasinya, yang bagi penulis dan sebagian besar pengguna ponsel ini ada rasa kecewa karena tidak menggunakan versi android terbaru atau setidaknya android 5 Lollipop.

Namun ibarat pepatah, “banyak jalan menuju Mekkah”, maka opsi custom ROM dengan basis android 6 marshmallow menjadi sebuah keniscayaan terlebih di banyak forum tersedia berbagai ragam custom ROM android 6 marshmallow untuk Redmi 2 dengan berbagai nama dan varian aplikasi di dalamnya.

Redmi2-android-6

Penulis sendiri memutuskan untuk melakukan instalasi android 6 marshmallow pada Redmi 2 menggunakan custom ROM yang berbasis ROM CyanogenMod yang sudah terkenal dengan tampilan sederhana, tidak ada bloatware bahkan jika tidak menginginkan layanan dari framework Google bisa menggantinya dengan yang lain atau tidak sama sekali meskipun hal tersebut harus ditebus dengan kerepotan tersendiri saat instalasi aplikasi ke ponsel.

Namun menggunakan custom ROM Android 6 Marshmallow di ponsel Redmi 2 tidak semulus yang dibayangkan, jika MIUI 7 saja masih ada bug yang harus diselesaikan, maka di custom ROM Android 6 Redmi 2 juga demikian. Dari pengalaman penulis berikut adalah berbagai hal yang seru saat menggunakan custom ROM Android di Redmi 2.

  1. Ponsel shutdown saat kondisi baterai masih 15%, Meskipun status baterai masih 15% yang ditunjukan di icon baterai di pojok kanan atas, ponsel Redmi 2 secara tiba-tiba melakukan aktivitas shutdown. Hal ini tentunya sangat mengesalkan, apalagi jika saat itu digunakan untuk mengambil gambar momen yang penting atau membaca informasi yang penting. Solusi amannya jika masih ingin menggunakan Redmi 2 dengan Android 6 adalah dengan mempersiapkan powerbank. Tapi jangan khawatir di versi custom ROM android 6 berikutnya, penulis merasakan ponsel sudah bekerja lebih baik.
  2. Ponsel panas di bagian bodi belakang atas, Ponsel terasa panas diakibatkan penggunaan yang terlalu lama. Karena ponsel ini merupakan ponsel utama, jadi frekuensi penggunaan ponsel sangat intens terlebih saat melakukan kegiatan hacking, smashing, dan capture portal di game Ingress atau saat war di CoC. Solusi sementaranya, ponsel diistirahatkan sebentar saat makan atau kegiatan pribadi lainnya. Namun di versi custom ROM android 6 Redmi 2 selanjutnya hal ini sudah terselesaikan dengan baik.
  3. MicroSD bisa digabungkan sebagai internal storage ponsel Redmi 2. Jika di MIUI 7 hal ini sebagai fitur yang mustahil, maka di custom ROM Android 6 Marshmallow Redmi 2, fitur ini menjadi fitur utama yang harus digunakan. Namun ingat, saat microSD diputuskan menjadi bagian internal storage maka saat digunakan di perangkat lain maka microSD tersebut tidak akan terbaca. Jadi pastikan microSD yang digunakan di Redmi 2 benar-benar menjadi bagian integral dari ponsel Redmi 2. Dan jangan lupa gunakan microSD yang bagus karena jika tidak akan mengganggu kinerja ponsel terutama saat mengakses aplikasi yang sudah dipindahkan ke microSD.
  4. Update ROM Terbaru. Layaknya MIUI 7 yang mendapatkan update dari Xiaomi, maka custom ROM Android 6 Marshmallow Redmi 2 juga mendapatkan update, namun jangan berharap terlalu banyak untuk bisa segera melakukan update dan terlebih update yang diberikan apakah sudah menjadi solusi dari berbagai bug yang ada. Di sini kita dituntut menjadi Quality Control dari ROM tersebut dan memberikan feedback ke developernya. Nasehat dari penulis, gunakan custom ROM yang mempunyai basis pengguna yang banyak dan pastikan kalua versi ROM yang sekarang kamu gunakan bermasalah, jika tidak, urungkan saja melakukan flashing ke versi custom ROM Android 6 terbaru.

Redmi2-CyanogenMod-13

Keempat hal di atas patut menjadi perhatian para pengguna Redmi 2 jika ingin melakukan upgrade ke Android 6 Marshmallow. Namun jika berkeyakinan ingin tetap menggunakan Android 6 seperti yang penulis gunakan, silakan ikuti tutorial Instalasi Android 6 Marshmallow di Redmi 2 tanpa menggunakan PC dengan mengganti versi custom ROM dengan yang terbaru yang bisa diunduh di link berikut.

4 Hal Penting Sebelum Upgrade Redmi 2 ke Android 6 Marshmallow |Henry |4.5 | dibaca 8,551 kali

Leave a Reply