3 Cara Reset iPhone yang Terbukti Aman

Cara Reset iPhone – iPhone sebagai ponsel andalan Apple terbukti kehandalannya baik dari segi keamanan mapun kenyaman meskipun untuk kasus-kasus tertentu ada masalah memori penuh di iPhone yang hanya mempunyai memori 16GB. Kehandalan ponsel iPhone ternyata tidak membuat pemiliknya untuk selalu memilikinya karena terbukti banyak pemilik iPhone menjualnya untuk upgrade ke versi dan model di atasnya atau beralih ke Android yang menawarkan pengalaman yang lain.

Nah bagi yang berencana untuk menjual iPhone, perlu melakukan beberapa hal berikut di bawah ini. Karena ponsel iPhone memiliki sistem keamanan iCloud yang sangat handal dan perlu direset agar pemilik baru tidak kesulitan untuk mengkoneksikan kembali iPhone tersebut ke jaringan iCloud dengan user dan password yang berbeda.

Reset iPhone juga berguna untuk memastikan pemilik iPhone berikutnya tidak mengetahui informasi pribadi kamu yang tentunya hal ini sangat rahasia dan tidak ingin dijadikan sarana kesempatan untuk kejahatan. Terlebih di era sosial media sekarang ini yang bisa berakibat buruk jika ada seseorang memiliki data rahasia pribadi kita.

Mereset iPhone merupakan kegiatan yang tampak sederhana namun hal ini sangat penting agar iPhone yang kamu jual benar-benar bersih datanya dan iPhone menjadi seolah-olah baru kembali layaknya baru keluar dari gerai toko penjual iPhone. Berikut adalah cara untuk menghapus bersih data di dalam iPhone kamu, tidak banyak kok, cukup dengan 3 cara di bawah ini.

1. Backup iPhone
Lakukan backup terlebih dahulu semua data yang ada di dalam iPhone sebelum proses reset dilakukan. Caranya cukup mudah yaitu dengan masuk ke menu Settings> iCloud> Backup. Pastikan Klik tombol Backup now untuk memulai proses backup data.
Selain mem-backup data ke iCloud, kamu bisa menggunakan iTunes untuk melakukan hal serupa.

2. Sign Out dari iCloud
Setelah proses backup data iPhone kamu selesai. Kini pastikan kamu sign-out dari iCloud. Hal ini sangat penting dilakukan agar orang lain tidak mengakses data-data pribadi di iCloud. Tentu sangat riskan jika iCloud kamu terakses oleh orang lain dan mengambil keuntungan dari data-data pribadi kamu tersebut.

Caranya cukup mudah yaitu dengan cara masuk kembali ke menu Settings> iCloud> Sign Out. Klik pesan Sign out yang muncul dan jangan lupa untuk memasukkan password atau PIN jika diminta.
3. Reset iPhone
Setelah kedua langkah di atas selesai kamu lakukan, kini lakukan langkah pamungkas yang sangat penting kamu lakukan yaitu mereset perangkat iPhone kamu. Untuk melakukan hal ini juga cukup mudah, caranya adalah dengan kembali masuk ke menu Settings> General> Reset> Erase All Content and Settings> masukkan password jika diminta> Erase.

Sekali lagi ketiga proses cara mereset iPhone di atas penting dilakukan jika kamu ingin menjual perangkat ponsel iPhone kamu, atau mengalihkan penggunaan ponsel tersebut ke teman, saudara atau juga ingin menggunakan akun iClud baru terpisah dari akun iCloud yang lama.

Lalu bagaimana jika ponsel iPhone hilang?, sepanjang sistem keamanan iPhone kamu gunakan semua di ponsel tersebut maka data akan aman dari akses tidak bertanggung jawab. Karena untuk iPhone 5 ke atas, proses unlock icloud secara hacking kini sudah sangat susah dilakukan, meskipun bisa dilakukan pun iPhone hanya bisa digunakan sebagai pemutar musik tanpa bisa digunakan selayaknya sebuah perangkat ponsel iPhone pada umumnya.

Sekadar informasi, bilamana mengaktifkan fitur Find My iPhone, kamu akan diminta untuk memasukkan Apple ID dan password. Ini merupakan tahap penting dan harus dilakukan, karena Find My iPhone menggunakan fitur sistem keamanan yang mencegah pencuri untuk mematikan Find My iPhone atau menghapus konten kamu.

Kesimpulan

iPhone menawarkan fitur keamanan dan kenyaman yang sama baiknya, jika kamu sangat perhatian terhadap data, privacy dan kehandalan sebuah ponsel, maka iPhone adalah pilihan yang bijak. Tetapi hal ini tentu harus ditebus dengan harga iPhone yang cukup menguras kantong apalagi seri iPhone terbaru yangbaru saja dirilis. Karena iPhone terbaru, selain fitur keamanan, fitur, kehandalan dan kenyamanan, ternyata juga menawarkan tingginya harga yang harus dibayar untuk menebusnya.

3 Cara Reset iPhone yang Terbukti Aman |Henry |4.5 | dibaca 611 kali